BONEPOS.COM, ARGENTINA — Media Argentina, El Destape, mengonfirmasi kedatangan Lionel Messi dalam tur Asia, termasuk ke Indonesia, Jumat (26/5/2023). El Destape menyebutkan, Lionel Messi membuat keputusan dengan timnas Argentina menjelang pertandingan persahabatan melawan Australia dan Indonesia pada tanggal ganda FIFA berikutnya.

“Sang kapten, juara dunia Qatar 2022, telah memberi tahu AFA (Asosiasi Sepak Bola Argentina, Red) dan pelatih Lionel Scaloni apa yang akan dia lakukan untuk pertandingan Juni 2023,” kata El Destape dilansir dari Republika, Jumat (26/5/2023).

Penyerang PSG (Paris Saint-Germain) berusia 35 tahun itu sudah mengingatkan akan hadir di kedua laga tersebut meski tidak akan ada poin yang dipertaruhkan. Selain itu, La Scaloneta hampir lengkap kecuali Lisandro Martínez yang cedera saat membela Manchester United (Inggris).

Eks pemain Barcelona ini akan menghadapi Australia di China dan Indonesia di negara tersebut. Pertemuan pertama akan berlangsung di Shanghai pada 15 Juni dan pertemuan kedua di Jakarta pada tanggal 19 bulan yang sama.

Ini adalah jendela ganda terakhir dari pertandingan persahabatan sebelum dimulainya Kualifikasi Amerika Selatan pada bulan September menuju Piala Dunia di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada 2026. Dari saluran resminya, La Albiceleste mengonfirmasi dua pertandingan tersebut meskipun jadwalnya belum diketahui.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir kepada media Rabu (24/5/2023) menyatakan laga lawan Argentina bukan sekadar wacana, tapi sudah mendapatkan izin dari FIFA, AFC, dan AFA selaku Federasi Sepak Bola Argentina.

“Ini ada perwakilan dari Argentina yang baru saja meninjau SUGBK, Senayan, Jakarta. Mereka puas dengan kondisi venue dan fasilitas. Mereka bilang perfecto. Jangan sampai pemain Argentina main, eh, ada lubang di lapangannya,” kata Erick Thohir.

Untuk mendatangkan tim sekelas Argentina, pastinya diperlukan dana yang tidak sedikit. Informasi yang beredar, ada di kisaran Rp 70 miliar hingga Rp 100 miliar. Namun, Erick Thohir enggan menyebut nominalnya.

Menjawab pertanyaan mengenai Lionel Messi apakah akan ikut dan bermain untuk Argentina dalam pertandingan uji coba nanti, Erick Thohir menyerahkan kepada federasi sepak bola Argentina (AFA).