BONEPOS.COM, JAKARTA – Beberapa bulan lalu, WhatsApp menghadirkan Companion Mode, suatu fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp dipakai di empat ponsel Android sekaligus.

Kini, fitur tersebut resmi menyambangi WhatsApp versi iOS.
Artinya, pengguna iPhone bisa menggunakan satu akun WhatsApp yang sama di empat iPhone sekaligus.

Pembaruan ini sendiri diumumkan WhatsAp melalui laman aplikasi tersebut di toko aplikasi App Store. Di laman ini, tercantum bahwa Companion Mode merupakan fitur baru yang hadir di WhatsApp iOS versi 23.10.76.

Dengan kata lain, pengguna iPhone yang memiliki WhatsApp dengan versi di bawah 23.10.76 agaknya harus memperbarui WhatsApp mereka ke versi teranyar di App Store, apabila ingin menggunakan Companion Mode.

Nah, sama seperti di ponsel Android, pengguna iPhone yang ingin memakai Companion Mode cukup memasang aplikasi WhatsApp di iPhone lain.

Nantinya akan tersedia menu “Link this device” di laman masuk (login) WhatsApp yang berisi kolom nomor ponsel, serta memindai kode QR di iPhone utama untuk menghubungkan akun WhatsApp mereka di iPhone lain.

Perlu dicatat, karena bukan merupakan perangkat utama, maka iPhone lain yang terhubung via Companion Mode akan memiliki keterbatasan fitur. Dua fitur yang tak bisa dipakai di iPhone lain yang terhubung dengan fitur Companion Mode adalah Messaging Broadcast List dan Status Updates, sebagaimana dilansir KompasTekno dari GSMArena, Rabu (31/5/2023).

Kembali lagi ke versi WhatsApp iOS 23.10.76, versi ini juga menghadirkan fitur-fitur anyar lainnya selain Companion Mode.

Beberapa di antaranya adalah fitur Keep untuk menyimpan pesan di percakapan yang menggunakan fitur Disappearing Messages, fitur untuk memainkan gambar gerak (GIF) secara otomatis di percakapan tanpa mengekliknya, dan masih banyak lagi.

Seperti disebutkan di atas, fitur-fitur ini baru ini bisa dinikmati pengguna WhatsApp iOS versi terbaru, yaitu 23.10.76. Artinya, pengguna bisa memperbarui versi WhatsApp mereka di App Store apabila masih menggunakan versi aplikasi yang lebih lama.

Apabila belum mendapatkan fitur-fitur ini setelah memperbarui WhatsApp, maka mereka tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur terbaru WhatsApp biasanya digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna.