BONEPOS.COM – Aleix Espargaro berhasil keluar sebagai juara di MotoGP Inggris 2023 usai mengalahkan Francesco Bagnaia di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8/2023). Sementara itu Marc Marquez mengalami kecelakaan di lap 16.

Persaingan berlangsung ketat dan dramatis di separuh akhir karena turunnya hujan. Espargaro sukses memenangi persaingan di grup terdepan dengan menyalip Francesco Bagnaia pada lap terakhir dari balapan selama 20 lap ini.

Jalannya Balapan

KTM kembali memamerkan kebolehan holeshot device mereka dengan akselerasi saat start. Dimana Jack Miller mengancam pole sitter Marco Bezzecchi di awal.

Jika saat sprint dia gagal mendahului di tikungan pertama kali ini Thriller sukses melakukannya. Namun hal itu tidak berlangsung lama.

Bezzecchi kembali ke posisi terdepan. Meski begitu pembalap asal Italia tersebut blunder dengan terlalu melebar di tikungan 15, Francesco Bagnaia mengambil keuntungan dengan di posisi pertama

Posisi kedua ditempati Marco Bezzecchi sedangkan Aleix Espargaro di tempat ketiga. Saat balapan menyisakan 15 lap, Alex Marquez dari Gresini harus tersisih karena memiliki masalah dan kembali ke pit.

Nahas bagi Bezzecchi, saat menempel ketat Bagnaia, pembalap asal Italia itu mengalami low side di lap ketujuh dan terlempar ke gravel di tikungan 15 sektor 4.

Kecelakaan yang dialami Bezzecchi memberikan keuntungan kepada Aleix Espargaro dan Brad Binder. Aleix naik ke posisi kedua sedangkan Binder di tempat ketiga.

Di lap ke-10 Vinales menyalip Binder guna menempati peringkat ketiga. Terdapat selisih hingga 1,5 detik antara Vinales dan Binder dengan Alex dan Bagnaia yang berada di barisan depan.

Pada lap 15, persaingan menuju podium kemenangan berjalan sengit. Bagnaia dikepung dua pembalap Aprilia, Vinales dan Espargaro.

Kecelakan kembali terjadi, kali ini menimpa Marc Marquez dan Enea Bastianini yang bersenggolan di lap 16 tikungan 12.

Miguel Oliveira memberikan kejutan dengan menyodok ke posisi ketiga di belakang Aleix Espargaro dan Pecco Bagnaia.

Duel ketat terus terjadi hingga lap terakhir. Francesco Bagnaia bertahan di urutan terdepan, disusul Aleix Espargaro di peringkat kedua dan Brad Binder di tempat ketiga.

Aksi hebat dilakukan Aleix Espargaro yang menyalip Bagnaia di sektor terakhir. Aleix Espargaro jadi pemenang, disusul Bagnaia di podium kedua dan Binder di podium ketiga. (*)