BONEPOS.COM – Polemik di Gelaran Miss Universe Indonesia, Hingga Dugaan Suap Rp 5 Miliar. Gelaran perdana Miss Universe Indonesia 2023 telah usai beberapa waktu lalu. Mahkota Miss Universe Indonesia 2023 jatuh ke Fabienne Nicole.

Setelah gelaran Miss Universe Indonesia usai muncul beberapa kontroversi. Mulai dari dugaan pelecehan seksual hingga dugaan penerima suap Rp 5 Milyar untuk memenangkan Fabienne Nicole sebagai Miss Universe Indonesia 2023.

Seperti apa faktanya? Berikut Ulasannya :

1. Dugaan pelecehan seksual

Dilansir dari laman fimela.com, dugaan pelecehan seksual itu bermula dari insta story yang diunggah Director Bali Miss Universe Indonesia 2023 Sally Giovani.

Sally menceritakan bahwa peserta yang mengikuti seleksi Miss Universe diwajibkan melakukan body check dan foto tanpa mengenakan busana.

Hal ini menyebabkan salah satu peserta sampai menangis.

“Ini body check yang benar, tidak boleh difoto!!” tulis caption Sally Giovanny sambil mengunggah foto manekin.

Setelah dugaan kasus ini muncul, CEO Miss Universe Indonesia Elden Wang pun memutuskan mengundurkan diri.

Mundurnya CEO Miss Universe Indonesia semakin menguatkan kebenaran dugaan pelecehan seksual yang menimpa peserta seleksi Miss Universe Indonesia 2023.

National Director and Owner Miss Universe Indonesia Organization Poppy Capella pun buka suara terkait dugaan tersebut.

“Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas. Dalam dunia pageantry yang dinamis, suara bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap masukan, baik yang berbalut pujian maupun yang ditaburi kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia,” bunyi keterangan yang dibagikan Poppy Capella pada Senin (7/8/2023).

Meski sudah buka suara, peserta Miss Universe Indonesia bersama Sally Giovani pun melaporkan kejadian ini ke Polda Metro Jaya pada Senin (7/8/2023)

2. Komentara Negatif Terhadap Fabienne Nicole

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023 yang dimenangkan oleh Fabienne Nicole memunculkan beragam komentar. Salah satunya komentar negatif yang menyebut bahwa Fabienne tidak layak menjadi Miss Universe Indonesia 2023 karena permasalahan tinggi badan yang tidak memenuhi standar.

Menjawab komentar itu, Poppy Capella pun kembali memberikan jawaban bahwa syarat soal minimum tinggi badan dihapuskan dari kompetisi.

“Sebagai National Director Miss Universe Indonesia, saya ingin menyampaikan perubahan yang signifikan dalam pedoman kompetisi tahun ini karena, Direktur provinsi kami, yang telah melakukan kompetisi mereka pada tahap awal, memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan ketinggian minimum sebelumnya,” bunyi keterangan itu.

Oleh karena ini, pihak Miss Universe Indonesia 2023 merevisi panduan untuk menghilangkan persyaratan tinggi minimum di semua tahapan kompetisi.

3. Dugaan suap Rp5 Milyar