BONEPOS.COM – PROBOLINGGO – Buntut kebakaran di kawasan Bukit Teletubbies Bromo, pada Rabu, 6 September 2023 lalu menetapkan manajer wedding organizer (WO), AW (41) sebagai tersangka satu satunya.

Kebakaran dipicu flare yang dinyalakan untuk photoshoot pre wedding di padang savana, bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hingga Senin, 11 September 2023 belum bisa padam.

Bahkan Balai Besa Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kini menutup empat akses pintu masuk ke kawasan Bromo.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, menyatakan penutupan kawasan berlangsung sejak Minggu, 10 September 2023, pukul 19.00 WIB, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Dengan ditutupnya akses, maka pengunjung dari luar tak boleh memasuki kawasan TNBTS. Akses masuk hanya diberikan kepada warga setempat. “Akses hanya dibuka untuk masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang dan masyarakat Desa Ngadas, Kabupaten Malang,” katanya.

Penutupan akses dimulai dari Coban Trisula, Kabupaten Malang, Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang, Kabupaten Probolinggo dan Senduro, Kabupaten Lumajang.

“Penutupan dilakukan untuk proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung. Akses untuk menuju atau melintasi kawasan taman nasional, ditutup total,” lanjutnya.

Sedangkan, bagi warga yang akan melintas jalur Malang menuju Lumajang dan sebaliknya yang melewati Poncokusumo dan Senduro, diimbau untuk mencari jalur alternatif lain akibat akses untuk melintas ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan itu. (*)