BONEPOS.COM, BONE – Mantan Dirut PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda Sulsel) Yasir Machmud menyebut, keputusan Presiden Joko Widodo melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian merupakan pilihan yang tepat bagi tata kelola pertanian di Indonesia.

Sebagai kolega dekat dan sahabat Amran Sulaiman, Yasir mengenal betul sepak terjang Amran Sulaiman baik di bidang bisnis maupun bidang pemerintahan, terkhusus di bidang pertanian.

“Kami selalu berdiskusi, entah itu di AAS Building atau melalui telepon, hampir setiap hari, Saya dan beliau (Amran) terus berkomunikasi bicara tentang bisnis dan pemerintahan,” kata Yasir kepada Bonepos.com, Rabu (25/10/2023).

Yasir meyakini Amran Sulaiman yang sebelumnya pernah menjabat Menteri Pertanian pada periode pertama pemerintahan Jokowi, sudah mengetahui program-program pengembangan pertanian kedepannya.

“Beliau selalu memiliki pandangan yang jitu tentang apa saja khususnya mengenai tata kelola pertanian, dan memang prestasinya sebagai Mentan pada periode sebelumnya sungguh luar biasa,” ujar Yasir.

Lanjut Yasir, setelah di lantik siang tadi, Amran Sulaiman langsung berkoordinasi dengan pejabat utama di kementerian.

“Beliau memang cepat dalam bekerja. Kecepatan dan kemampuannya memecahkan masalah pertanian adalah kualitas yang patut diacungi jempol,” tambahnya.

Yasir yakin, dimasa kepemimpinan Amran Sulaiman akan membawa perubahan positif bagi nasib petani di Indonesia.

Selesaikan El Nino

Sementara itu, Amran usai dilantik oleh Jokowi menyampaikan, bahwa dirinya yakin mampu melewati El Nino, pasalnya Ia sudah pernah menyelesaikan El Nino yang terjadi di Indonesia pada 2015 dengan baik.

“Ini pengalaman kita, 2015 lalu El Nino juga tapi kita mampu lewati dengan baik. Padahal baru kita kerja 6 bulan kalau tidak salah waktu itu. Insya Allah El Nino yang ada sekarang sudah selesai,” kata Amran usai dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dia mengungkapkan bahwa beberapa daerah di Indonesia sudah diguyur hujan pada Selasa, 24 Oktober 2023. Amran menyebut hal ini menjadi salah satu pertanda baik saat dirinya menjadi Mentan.

“Ada berkah hari ini, di mana hari ini ada pelantikan tiba-tiba dalam kondisi El Nino tiba-tiba hujan, Indonesia Timur hujan semalam di Jakarta Jawa Barat, Jawa Tengah,” jelasnya.

“Dan juga ini luar biasa alam menyambut kita dengan baik, Insya Allah ini tanda tanda baik untuk kementerian Pertanian,” sambung Amran Sulaiman (*)