BONEPOS.COM, LUWU UTARA – Ketua Paralayang Indonesia, Asgaf Ahmad Umar, memuji keindahan kecamatan Rongkong. Di mana kecamatan yang terletak di wilayah pegunungan ini sangat layak dijadikan sebagai pusat pengembangan olahraga paralayang di Indonesia.

“Saya baru pertama kali ke Rongkong, dan saya sudah berkeliling Indonesia terbang, tetapi baru kali ini saya menemukan tempat yang sangat luar biasa,” puji Asgar.

Putra asli Donggala Sulawesi Tengah ini melayangkan pujiannya saat melakukan eksplorasi dan study kelayakan potensi olahraga dan pariwisata di Rongkong belum lama ini selama sepekan.

“Tempatnya cukupnya indah, view-nya sangat cantik, eksotik banget. Di mana setiap lembah ada rumah-rumah dan sawah-sawah. Ini belum saya temukan di tempat lain,” sambung dia.

Ia mengatakan, ujicoba olahraga paralayang di Rongkong begitu menantang. Hal itu ia rasakan saat melakukan atraksi paralayang dengan mengitari langit di angkasa, sambil membelah udara dan melayang bagaikan burung yang menari-nari di angkasa biru.

“Meskipun kita lelah ke atas, tetapi terbayarkan dengan view yang sangat cantik dan indah memesona,” terang Asgaf yang terpilih sebagai Ketua Paralayang Indonesia periode 2022 – 2026 pada Desember 2022 yang lalu.

Dengan melihat potensi Rongkong yang begitu besar, maka ia berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara segera menangkap peluang dan potensi yang dimiliki Rongkong untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan olahraga paralayang di Indonesia.

“Selaku Ketua Paralayang Indonesia, saya berharap kepada Pemda Kabupaten Luwu Utara untuk segera menindaklanjuti hasil survei ini agar ke depan, mungkin tidak terlalu lama, saya berharap ada pengembangan olahraga paralayang di sini,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Luwu Utara, Bulan Masagena, mengatakan bahwa pihaknya kembali akan menyelenggarakan event pesona Luwu Utara dengan fokus utama adalah festival paralayang.

“Insya Allah, Wonderfull Rongkong Part 2 kita gelar tahun depan, salah satunya adalah Festival Paralayang. Semoga dengan kegiatan ini nantinya olahraga paralayang bisa makin berkembang, dan salah satu yang memeloporinya adalah Luwu Utara,” tandas Bulan.