BONEPOS.COM, BONE – Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, hingga kini belum mencapai target pendapatan asli daerah (PAD), khususnya dari sektor retribusi.

Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin mengatakan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2023, per 1 Desember baru mencapai 80 persen. Saat ini masih banyak OPD yang belum mencapai target.

Hal tersebut disampaikan Andi Islamuddin saat rapat Monitoring dan Evaluasi terpadu pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan Triwulan III Tahun Anggaran 2023 di Baruga La Teya Ri Duni, kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone Senin, (4/12/2023).

“Sekarang untuk per 1 Desember 2023 ini, realisasi PAD sudah tercapai di atas 80 persen,” kata Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin dalam rapat yang dihadiri seluruh Kepala OPD dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) masih terdapat OPD yang realisasi PAD-nya berada dibawah 50 persen dari target yang telah ditetapkan.

Seperti Dinas Pariwisata, dimana realisasi PAD-nya baru mencapai Rp 360 juta dari target yang ditetapkan Rp 1 miliar atau sebesar 36,71 persen.

Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah realisasi PAD-nya baru mencapai Rp 21,5 miliar dari target yang ditetapkan Rp 59,5 miliar atau sebesar 36,14 persen.

Kemudian Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang realisasi PAD-nya baru mencapai Rp 2,9 miliar dari target yang ditetapkan Rp 7,5 miliar atau sebesar 39,64 persen. (*)