BONEPOS.COM, MAKASSAR – Laga pertama antar Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 digelar. Prediksi skor mengunggulkan timnas Indonesia meraih hasil imbang.

Timnas Indonesia akan memulai kiprahnya di Piala Asia 2023 dengan menhadapi timnas Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, pada Senin (15/1/2023) malam.

Timnas Irak difavoritkan untuk memenangi bentrokan ini. Namun, bukan berarti Garuda tidak memiliki peluang.

Untuk mewujudkan target ke babak 16 besar Piala Asia 2023, timnas Indonesia wajib mendapat minimal 1 poin pada laga ini.

Mantan Ketua PSSI A.M. Nurdin Halid mengakatan, jika dalam laga kali ini, Timnas Indonesia memiliki peluang bagus untuk merebut point, minimal hasil imbang.

“Saya melihat Indonesia punya peluang bagus untuk merebut poin, minimal meraih hasil imbang lawan Irak kali ini,” kata Nurdin Halid.

Nurdin Halid menilai, pola dan taktik yang dimainkan anak asuh Shin Tae Yong (STY) kali ini agak berbeda.

Ditambah lagi dengan hadirnya dua gelandang jangkar produk Liga Eropa – Justine Hubner dan Ivan Jenner di lini tengah.

“Dua pemain standar Eropa ini menyingkirkan dua gelandang langganan STY selama ini Mark Klok dan Ricky Kambuaya,” jelasnya.

“Kemudian, Jenner dan Hubner yang masih muda berusia 20 tahun ini sudah dipasangkan oleh STY dalam 3 laga ujicoba dua kali melawan Libya dan sekali melawan Iran,” Sambungnya.

Dengan demikian, lanjut Nurdin Halid, dua pemain tersebut sudah menyatu dan mulai matang bermain dalam formasi 3-4-2-1 yang diterapkan STY dalam 3 kali ujicoba melawan Libya dan Iran.

Seperti diketahui, kehadiran dua gelandang muda produk Eropa dan perubahan pola dan komposisi pemain ini juga diakui dan diwaspadai Pelatih Irak, Jesus Casas.

Jesus Casas memprediksi pertemuan timnya melawan Indonesia malam ini bakal ketat karena tim dan formasi yang dipakai STY malam ini berbeda dengan November 2023 lalu saat Irak membantai Tim Merah Putih 5-1.

Alasan lain, motivasi laskar Garuda malam ini untuk balas dendam atas Irak sangat besar. Dukungan suporter Indonesia juga masih sangat tinggi, baik nanti yang hadir di stadion maupun yang terungkap di berbagai platform media sosial.

Dengan komposisi tim dan taktik berbeda ditambah motivasi balas dendam yang besar, saya yakin Tim Merah mampu mengimbangi permainan Irak malam ini.

Secara prosentasi, peluang Indonesia memang lebih kecil. Prediksi saya, sekitar 45-55.

Tetapi, jika lini belakang Indonesia tidak membuat kesalahan fatal malam ini seperti dalam 3 laga ujicoba, peluang untuk minimal meraih hasil imbang cukup terbuka.
Dan, satu yang pasti, pertarungan malam ini akan seru dan ketat. (*)