BONEPOS.COM, BONE – Lantan berita atau hasil karyanya sering dicomot alias di copy paste, Aliansi jurnalis di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) melaporkan sejumlah akun media sosial (Medsos) ke Polisi.

“Kami laporkan sejumlah akun media sosial ke polisi. Kami tidak terima hasil karya kami di-copy paste untuk diposting di akun (Medsos) mereka,” ujar Koordinator Aliansi Jurnalis Bone Syambani Adam, Senin (22/1/2024).

Selain melapor, puluhan jurnalis Bone ini juga melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor Mapolres Bone. Mereka mendesak Polisi agar menindaklanjuti laporan mereka terkait akun medsos tersebut.

Syambani menyebutkan, akun medsos yang dilaporkan diantaranya, Lambe Turah Bone, Bone Terkini, Info Bone, Bone Sharing, dan Bonemedia.id. Dimana akun tersebut diduga melakukan plagiarisme karya jurnalis tanpa izin dari media penerbit.

“Mereka seenaknya mengambil berita-berita kami lalu meng-upload ke media sosial mereka. Mereka tidak tahu bagaimana sulitnya kami mendapatkan informasi di lapangan lalu membuatnya menjadi berita,” kesal pria yang akrab disapa Anto ini.

Hal senada diungkapkan oleh Founder Bonepos.com, Andi Dedhy Sendhy. Menurutnya seharusnya akun medsos tersebut meminta izin terlebih dahulu ke media yang memuat berita sebelum melakukan reupload ulang.

“Harusnya izin dulu, karena itu produk jurnalis, tentunya ada etika dan aturan yang harus ditempuh. Kalau medianya mengizinkan ya silahkan, tapi kalau tidak yang tidak boleh,” jelasnya.

Dedhy mencontohkan, untuk situs berita Bonepos.com, pembaca dapat menggunakan informasi atau isi dalam situs hanya untuk penggunaan pribadi non-komersil. Kecuali ditentukan sebaliknya dan atau diperbolehkan secara tegas oleh undang-undang hak cipta. [Baca: Kebijakan Privasi Bonepos]

“Artinya, pengguna dilarang untuk menyalin, membagikan ulang, mentransmisi ulang, meretas, mempublikasi atau melakukan tindakan eksploitasi komersial dari pengunduhan yang dilakukan tanpa seizin Kami sebagai pemilik Hak Intelektual Properti tersebut,” tegas Dedhy.

Sementara itu, KBO Sat Reskrim Polres Bone Ipda Gunawan mengaku akan memberikan perhatian dan atensi khusus terkait aduan sejumlah jurnalis di Bone. Pihaknya akan langsung turun tangan mengumpulkan bukti terkait aduan tersebut.

“Kami akan mengumpulkan bukti-bukti serta mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi-saksi dan selanjutnya akan melakukan olah perkara kemudian apa yang menjadi tindak pidana dalam kasus ini,” tegasnya (*)