BONEPOS.COM, BONE – Berbeda dengan kabupaten lain, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan Partai Golkar tidak membuka pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati.

Partai berlambang pohon beringin itu justru menunjuk dan menugaskan Andi Rio Idris Padjalangi yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR-RI, sebagai calon bakal Bupati pada Pilkada Bone 2024.

Ketua DPD I Golkar Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan, bahwa Andi Rio satu-satunya kader yang mendapatkan surat tugas dari DPP Golkar untuk maju di Pilkada Bone.

“Golkar Bone tidak membuka pendaftaran. Golkar telah menugaskan Andi Rio Idris Padjalangi untuk maju sebagai bakal calon untuk Pilkada Bone,” kata Andi Fahsar Mahdin Padjalangi kepada Bonepos.com, Selasa (23/4/2024).

Menanggapi hal tersebut, pengamat Politik Sulawesi Selatan Andi Henra Wijaya mengatakan, bahwa keputusan Golkar Bone untuk tidak membuka pendaftaran adalah bentuk keputusan tegak lurus atas perintah DPP.

“Artinya DPD Golkar tegak lurus dengan perintah DPP. Namun demikian ini mendakan bahwa Golkar menutup pintu bagi bakal calon lain diluar kader,” ungkap Henra kepada Bonepos.com, Selasa (23/4/2024).

Menurut Henra, Golkar Bone saat ini sudah bukan lagi sedang mencari figur calon Bupati melainkan mencari partner atau figur wakil atau koalisi apakah itu dari internal maupun dari eksternal Golkar. (*)