BONEPOS.COM, BONE – Tahapan Penjaringan bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) untuk Pilkada Bone, Sulawesi Selatan di PDI Perjuangan (PDI-P) Tingkat Kabupaten telah usai.

Dari empat Cakada yang mengambil formulir di PDI-P Bone, hanya dua Cakada yang mengembalikan formulir sekaligus mendaftar secara resmi sebagai bakal Cakada yang akan diusung PDI-P.

“Tercatat Cakada yang mengembalikan formulir sekaligus mendaftar itu hanya Andi Rio dan Andi Passha,” ungkap Sekretaris DPC PDI-P Bone, Burhanuddin kepada Bonepos.com, Rabu (22/5/2024).

Burhanuddin menyebutkan, dua Cakada lainnya yang sempat mengambil formulir yakni Samahuddin Muharram dan Andi Islamuddin, tidak mengembalikan formulir hingga pendaftaran ditutup per 17 Mei kemarin.

Meski demikian, lanjut Burhanuddin, PDI-P masih memberikan kesempatan kepada Cakada tersebut untuk mendaftar melalui jalur DPD, jika memang berharap akan diusung oleh partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

“Samahuddin dan Andi Islamuddin tidak mengembalikan. Akan tetapi keduanya masih bisa mengembalikan formulir dan mendaftar sebagai Cakadi di DPD I PDI-P Sulsel,” terangnya.

Seperti diketahui, Andi Islamuddin merupakan salah satu tokoh birokrat yang disebut-sebut bakal maju di Pilkada Bone. Saat ini Andi Islamuddin menjabat sebagai Pj Bupati Bone.

Sementara itu, Samahuddin merupakan Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor. Maju di Pilkada Bone, mantan Ketua KPU Kalsel periode 2013-2018 itu telah mendaftar di PKB, PAN dan NasDem. (*)