BONEPOS.COM, BONE – Sebanyak 24 anggota DPRD terpilih di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, terancam tak dilantik karena belum menyampaikan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN).

Komisioner KPU Bone Kordiv Penyelenggaran, Zainal menyebut masih ada 24 dari 45 anggota DPRD Kabupaten Bone terpilih pada Pileg 2024 lalu hingga kini belum menyampaikan tanda terima LHKPN.

“Data terakhir per hari ini yang saya terima baru 21 orang yang melaporkan LHKPnya, masih ada 24 orang yang belum,” kata Zainal kepada Bonepos.com, Rabu malam (10/7/2024)).

Zainal menegaskan, bahwa batas penyampaian LHKPN yaitu selambat-lambatnya 21 hari sebelum pelantikan. Adapun jika tak menyerahkan tanda terima LHKPN, Caleg terpilih terancam tak bisa dilantik.

“Kalau sampai batas tersebut belum menyerahkan, KPU belum boleh memberikan nama-nama tersebut ke sekretariat DPRD untuk diteruskan ke gubernur sebagai dasar mengeluarkan SK,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) RI nomor 6 tahun 2024, tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, Dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, maka caleg terpilih wajib melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang. (*)