BONEPOS.COM, BONE – Peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 terus terjadi belakangan ini di Kabupaten Bone. Tren peningkatan kasus baru Covid-19 dipicu oleh abainya masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan saat berada di tempat umum.

Di Kabupaten Bone sendiri meskipun belum terjadi lonjakan kasus Covid 19 yang besar, tapi kota yang dikenal dengan sebutan Bone Beradat ini telah memasuki zona kuning penyebaran Covid-19.

Untuk menahan laju penyebaran Covid 19 di kota kelahiran mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Forkopimda Kabupaten Bone bersama tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 melakukan operasi yustisi pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 di kompleks pasar sentral lama Watampone Kelurahan Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Jumat (9/7/2021).

Sebelum melaksanakan operasi yustisi di komplek pasar tradisional terpadat di kota Watampone ini, Bupati Kabupaten Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut terlebih dahulu memimpin apel gabungan yang melibatkan personel TNI, Polri, dan Pemda Kabupaten yakni Kodim 1407 Bone, Denpom XIV/1 Bone, Batalyon C Pelopor, Polres Bone, Satpol-PP, BPBD, dan Dishub Kabupaten Bone.

Dalam arahannya Bupati Fahsar mengatakan, dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Bone telah terjadi peningkatan kasus konfirmasi positif Covid 19, sehingga dalam waktu beberapa hari kedepan akan ditingkatkan kembali operasi yustisi ke tempat-tempat umum untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 sehingga penyebarannya dapat kembali ditekan.

Setelah melaksanakan apel gabungan, selanjutnya Forkopimda Kabupaten Bone bersama personel gabungan TNI-Polri dan Pemda, berkeliling di kompleks pasar untuk melakukan patroli yustisi sekaligus sosialisasi kembali tentang prokes pencegahan Covid 19 dan membagikan masker gratis kepada warga masyarakat yang tidak memakai masker.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, yang turun langsung dalam kegiatan ini, tampak membagikan masker kepada masyarakat yang abai dengan prokes.