oleh

Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar Field Research di Bone

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar yang memprogramkan mata kuliah metode penelitian kualitatif melaksanakan studi lapang.

Studi itu dalam bentuk field research pada organisasi pemerintah daerah, dinas, badan layanan umum, kantor kecamatan, dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bone, sebanyak 23 OPD yang menjadi lokus kajian.

BNNK BONE

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3-4 Mei 2018 lalu diikuti sebanyak 190 orang mahasiswa yang didampingi dua orang Dosen Pembina Mata kuliah masing-masing Dr. Abdul Mahsyar, M.Si. dan Dr. Hj. Rulinawaty Kasmad, M.Si.

Kedatangan mahasiswa di Kabupaten Bone disambut langsung oleh Penjabat Bupati Bone Ir. Andi Bakti Haruni, CESS. Di Rumah Jabatan Bupati Bone Jl. Petta Ponggawae Watampone.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati memberikan pengarahan sebagai bekal mahasiswa untuk mengambil data lapangan.

Fokus studi yang dilakukan oleh mahasiswa terkait dengan inovasi pelayanan publik yg sudah diterapkan di daerah ini dan juga aspek motivasional pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dr. Rulinawaty dosen pembimbing bahwa pemilihan daerah ini sebagai lokasi obyek studi tidak lain karena Kabupaten Bone termasuk daerah yang menjadi percontohan dalam bidang inovasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Sulawesi Selatan.

Hal itu merupakan prestasi kerja pimpinan pemerintahan yang ada didaerah ini yang mampu mensinergikan unsur masyarakat, swasta dan pemerintah sendiri sehingga good governance bisa direalisasikan.

Ditambahkan oleh Abdul Mahsyar sebagai dosen pembimbing bahwa mahasiswa sengaja dibawa turun lapangan supaya mereka dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam ruang kelas terkait dengan metode penelitian.

“Kegiatan ini sebenarnya merupakan simulasi untuk mempersiapkan mahasiswa supaya dapat meneliti dengan baik sesuai kaidah keilmuan yang dimulai dari proses mapping lokasi penelitian, menyusun instrumen pengumpulan data, mengumpulkan data lapangan dan mengenali dinamika lapangan dimana penelitian dilaksanakan,” pungkas Ketua Program S2 Administrasi Publik Unismuh Makassar ini.

Ditambahkannya bahwa kegiatan ini merupakan upaya persiapan peningkatan kualitas hasil penelitian dan penulisan skripsi mahasiswa nantinya.

Program studi ilmu administrasi negara Fisip Unismuh Makassar harus selalu meningkatkan kualitasnya karena merupakan satu satunya Prodi yang menyandang status Akreditasi Unggul (A) pada PTS yang ada dalam lingkungan Kopertis IX. Sehingga hal ini menjadi pemicu supaya luaran dari program studi ini benar benar unggul. (Nasrullah)

Komentar

News Feed