oleh

Ajang Musrenbang, Ini Titipan Pemkab Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2019 Kabupaten Sinjai tahun 2018 yang berlangsung di Gedung Pertemuan, Kamis (15/3/2018).

Musrenbang kali ini mengambil tema Peningkatan Daya Saing Melalui Pembangunan, Perekonomian, Infrastruktur dan Profesionalisme Aparatur.

BNNK BONE

Dalam sambutannya, Akbar menyampaikan bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun terakhir dari penyelenggaraan RPJMD Tahun 2013-2018.

Artinya, RKPD Tahun 2019 akan disusun dengan menggunakan kaidah transisi, akan kembali pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2005-2025 sebagai acuan.

“Tahun 2019 masih berada dalam Tahapan III Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Sinjai tahun 2005-2025, di mana pada tahapan ini arah kebijakan pembangunan daerah diprioritaskan untuk mencapai sasaran pokok terkait kesejahteraan dan perekonomian daerah,” papar Akbar.

Sasaran ini dapat dicapai dengan meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat melalui kebijakan ekonomi kerakyatan. Arah kebijakan ini diperkuat dengan prioritas pada upaya meningkatkan kapasitas infrastruktur transportasi dan perhubungan yang menjangkau hingga pedalaman.

Proses perencanaan pembangunan daerah yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini, tidak hanya berfokus pada penyusunan RKPD Tahun 2019. Tetapi telah memanfaatkan tahapan-tahapannya untuk sekaligus mengumpulkan bahan penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Tahun 2018-2023.

“Berbagai isu, permasalahan, usulan program dan kegiatan telah ditampung untuk menjadi bahan rumusan selanjutnya. Termasuk dalam proses musrenbang pada hari ini, masih membuka ruang kepada setiap peserta untuk dapat menyampaikan berbagai masukan untuk menjadi bahan kita dalam RPJMD periode berikutnya,” jelas Akbar.

“Pada kesempatan Musrenbang ini, kembali kami akan menitipkan beberapa hal untuk diperjuangkan ke tingkat pusat, antara lain Penataan kawasan Tepian Sungai Tangka, Bantuan untuk proyek air minum perkotaan melalui program Nasional Urban Water Supply Project, hibah air limbah, bantuan untuk penyediaan air minum dan sanitasi melalui PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) dan SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat), program kumuh melalui KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dan NUSP (Neighborhood Upgrading and Shelter Project), Bantuan rumah nelayan dan ASN, serta Penyelesaian penanganan kawasan kumuh agar universal akses di Tahun 2019 bisa tercapai”, sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel, M.Roem dalam sambutannya menyampaikan bahwa irigasi Apareng dan Kalamisu telah dikerja sejak tahun lalu.Ia mengajak pula kepada masyarakat untuk tetap menjaga kedamaian dan suasana kekeluargaan dalam momentum Pilkada di Sinjai saat ini.

Anggota DPR RI Nasyit Umar menyampaikan, bahwa sesuai data dari BPS, perekonomian Kabupaten Sinjai dari tahun 2010-2018 mengalami peningkatan cukup signifikan meskipun pertumbuhannya fluktuatif.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel mewakili Gubernur, Fitriani berujar, bahwa pemangku kepentingan pembangunan tidak hanya pemerintah namun lebih kepada masyarakat sebagai mitra pemerintah.

“Musrenbang ini merupakan forum dialog antar seluruh stakeholder pembangunan sekaligus penyampaian rancangan RKPD Tahun 2019 yang memuat arah kebijakan, program kegiatan strategis beserta indikatif pembiayaan untuk tahun anggaran 2019,” akunya.

Pelaksanaan musrenbang ini bertujuan untuk penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional serta melakukan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Hadir dalam acara ini, Anggota DPR RI Nasyit Umar, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Para Forkopimda, Para Asisten Setdakab Sinjai, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD sekab Sinjai, Para Kabag Setdakab. Sinjai, para camat, lurah dan kepala desa se kabupaten Sinjai dan seluruh peserta Musrembang tingkat Kabupaten Sinjai.

(Humas Pemda Sinjai)

Komentar

News Feed