oleh

Basarnas Bone Gelar Simulasi Road Accident Rescue

BONEPOS.COM, BONE – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bone menggelar simulasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalulintas atau simulasi Road Accident Rescue (RAR) di pelataran GOR Lapatau kota Watampone, Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2018.

Kepada Bonepos.com, Komandan Tim Basrnas Bone, Andi Sultan menuturkan, simulasi RAR yang di lakukan ini bertujuan untuk memantapkan petugas dalam melakukan pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Karena Bone termasuk rawan lakalantas, dan ada anggota kami yang menguasai ilmunya (Teknik RAR) karena pernah mengikuti pelatihannya, makanya kita lakukan simulasi,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Sultan tim rescue memiliki kemampuan penanganan kecelakaan lalulintas, pada simulasi tersebut materi yang diberikan meliputi SAR System, Pengantar pertolongan pertama, pemindahan darurat, cidera jaringan rusak, Road Acciden Resque, pengenalan peralatan RAR, evakuasi menggunakan KED, evakuasi kendaraan kecil, praktik Extrication dan simulasi kecelakaan di jalan raya.

“Misalnya ada korban kecelakaan lalu lintas yang terjepit body mobil yang penyok tentu ada tekhnik tersendiri untuk menolongnya, nah melalui simulasi ini kami permantap penguasaan RAR tersebut,” tutup Sultan.

Penulis : Ilham Iskandar

Komentar

News Feed