Cek Fakta Bonepos

CEK FAKTA

Bagaimana Kami Bekerja

Kanal Cek Fakta Bonepos melakukan verifikasi atas klaim yang dipilih berdasarkan pertimbangan berikut ini:

(1) apakah topiknya penting untuk publik?

(2) apakah laporan itu diklaim sebagai fakta?

(3) apakah klaim itu menjadi bahan diskusi atau pembicaraan yang luas (viral)?

(4) apakah sumber laporan ini sudah pernah diverifikasi atau tidak?

Setelah memilih klaim yang hendak diverifikasi, kami harus memastikan apa yang sebenarnya substansi dari kabar yang beredar, atau konten dari klaim yang disampaikan oleh pihak penyebar atau yang mengklaim pernyataan. Karena Mengandalkan laporan warga semata kadang tidak cukup akurat dan masih terkadang simpang siur atau bias.

Oleh karena itu, langkah pertama kami adalah melakukan riset awal untuk memastikan apakah pernyataan/klaim tersebut sudah diberitakan oleh media? Jika sudah, kami mempelajari bagaimana laporan media soal isu itu, dan apa konteks dari pernyataan itu berhubungan dengan klaim dari kabar yang beredar.

Setelah memastikan bahwa klaim itu memang beredar secara meluas di masyarakat atau memang benar-benar diucapkan oleh pejabat publik, kami akan mencoba menghubungi pihak-pihak terkait. Jika sumber klaim bisa dihubungi, kami akan menanyakan apa bukti yang menjadi dasar dari klaim itu. Penegasan ini penting agar kami memahami konteks dari pernyataan yang akan diverifikasi.

Langkah berikutnya adalah melakukan riset untuk mencari semua sumber publik (terutama data yang bersifat terbuka dan bisa diakses semua orang) yang bisa diakses soal klaim atau pernyataan itu. Semua sumber yang tersedia akan dieksplorasi dan jika digunakan, akan dicantumkan dalam artikel sehingga audiens bisa langsung memeriksa kesahihannya. Kami percaya dan meyakini transparansi metodologi dan sumber adalah kunci dari kredibilitas proses cek fakta yang kami lakukan.

Setelah semua hasil riset rampung, jika dinilai perlu, redaksi kanal Cek Fakta Bonepos akan mewawancarai pakar yang kompeten di bidang yang terkait dengan klaim ini. Wawancara ini penting untuk memastikan apakah kesimpulan redaksi mengenai klaim tersebut sudah cukup kuat atau tidak.

Kolaborasi

Untuk membantu redaksi memilih klaim yang akan diperiksa, kami bekerjasama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dengan nama laman website turnbackhoax.id, dimana mengelola situs periksa fakta sendiri dan laman periksa fakta di media sosial.

Mafindo adalah sebuah organisasi nirlaba (non-profit) yang terdiri dari para aktivis, programmer, warga masyarakat yang peduli dengan akurasi informasi yang beredar di jagat maya. Bonepos tidak membayar dan tidak memperoleh keuntungan finansial dari kerja sama ini. Laporan keuangan Mafindo bisa diakses di sini.

Penilaian

Setelah proses verifikasi selesai, redaksi kanal Cek Fakta Bonepos akan memberikan kesimpulan atas klaim yang diperiksa. Ada lima (5) kategori penilaian yang kami gunakan:

BENAR : Berdasarkan semua sumber yang ada, pernyataan ini akurat.

SEBAGIAN BENAR : Berdasarkan semua sumber yang secara publik bisa diakses, sebagian pernyataan ini benar.

TIDAK TERBUKTI : Berdasarkan semua bukti yang bisa diperoleh, pernyataan ini tidak bisa disimpulkan akurat atau tidak.

SESAT : Berdasarkan sumber yang ada, pernyataan ini menggunakan fakta dan data yang benar, namun cara penyampaian atau kesimpulannya keliru serta mengarahkan ke tafsir yang salah.

KELIRU/SALAH/HOAKS : Berdasarkan semua bukti yang ada, pernyataan ini tidak akurat, atau tidak benar adanya.

Laporan, Usul dan Koreksi

Redaksi membuka pintu yang seluas-luasnya untuk publik memberikan laporan, masukan dan usul, bahkan kritik, untuk seluruh pemberitaan Bonepos, termasuk konten di kanal ini. Caranya sebagai berikut:

Untuk melaporkan hoaks atau klaim yang diragukan akurasinya, kami mempersilakan pembaca untuk melaporkan melalui email.

Caranya relatif mudah: Anda cukup mencantumkan identitas mulai dari nama, email yang bisa dihubungi, nomor handphone, teks klaim atau hoaks yang ingin diperiksa serta bukti berupa screenshot hoaks tersebut.

Masukan, usul dan kritik mengenai metodologi maupun kesimpulan di kanal ini bisa disampaikan melalui email ke [email protected] dengan subjek [USUL CEK FAKTA]. Selanjutnya materi yang dikirim ke email akan diperiksa oleh redaksi dan ditindaklanjuti secara proporsional.

Redaksi juga tunduk pada pedoman pemberitaan media siber yang dirumuskan Dewan Pers. Pedoman itu mengatur mekanisme koreksi jika ada pemberitaan yang keliru. Setelah menerima informasi mengenai kekeliruan konten, redaksi secepatnya melakukan verifikasi dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Tim Cek Fakta Bonepos

Penanggungjawab kanal Cek Fakta ini adalah Pemimpin Redaksi Bonepos.com, Andi Dedhy Sendhy. Kanal ini dikelola oleh sejumlah awak redaksi Bonepos.com yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan oleh Dewan Pers, mulai dari tingkat Madya hingga Utama.