oleh

Kopertis IX Sulawesi: Baru Sepertiga Dosen PTS Laksanakan Ristek Dikti

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, mengatakan, dari sekira 6000-an dosen PTS lingkup Kopertis IX Sulawesi, yang aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat masih sangat sedikit, kira-kira baru sepertinganya.

“Artinya masih ada ribuan lebih dosen di Kopertis IX ini yang perlu didorong untuk aktif melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” tandasnya.

BNNK BONE

Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, mengatakan, hal ini dihadapan ratusan pimpinan perguruan tinggi lingkup Kopertis IX Sulawesi di acara penandatangan perjanjian pendanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, di Aula Kopertis IX Sulawesi, Selasa 13 Maret 2018.

Prof Jasruddin, mengharapkan tidak hanya jumlah dosen yang meneliti kurang tetapi juga jumlah perguruan tinggi yang aktif dalam kegiatan penelitian juga masih sangat rendah.

Walaupun dalam tiga tahun terakhir ini baik jumlah dosen yang aktif penelitian maupun perguruan tinggi yang terlibat perkembangannya sudah sangat menggembirakan.

Data yang diperoleh tiga tahun terakhir, dimulai 2015, dosen yang aktif melakukan penelitian baru 808 orang, meningkat tahun 2016 menjadi 924 dosen, dan meningkat lagi tahun 2017 menjadi 1.364 dosen.

Sementara perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tahun 2015 baru sekira 55 perguruan tinggi, tahun 2016 sebanyak 77 perguruan tingggi.

Tahun 2017 sudah 102 perguruan tinggi lingkup kopertis IX Sulawesi yang aktif mengikuti penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Penulis : Nasrullah

Komentar

News Feed