oleh

KMS UNM Nyatakan Dukungan Usulan Jenderal Muh Yusuf Jadi Pahlawan Nasional

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Andi Muhammad Jusuf Amir atau yang sering di kenal dengan Jenderal (Purn) M.Yusuf merupakan putra kelahiran Kajuara, Bone, Sulawesi Selatan, 23 Juni 1928 silam.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Sosial Sulawesi Selatan mengusulkan Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir sebagai pahlawan nasional.

BNNK BONE

Mantan Panglima ABRI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan era Orde Baru itu dianggap sebagai salah satu tokoh penting nasional yang semasa hidupnya teruji melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan bangsa.

Dukungan terhadap salah satu tokoh Sulawesi Selatan ini untuk diusulkan jadi pahlawan nasional terus mengalir dari berbagai lapisan masyarakat.

Kesatuan Mahasiswa Sinjai Universitas Negeri Makassar (KMS UNM) juga menyatakan dukungan atas usulan tsrsebut.

Hal tersebut, disampaikan oleh Ketua KMS UNM, Andi Baso Husain. Ia menilai, Jend. (Purn) Muh Yusuf merupakan salah satu dari sejumlah pejuang yang mempertahankan kedaulatan bangsa dari penjajah berikut prestasinya selama mengabdi terhadap negara.

Olehnya itu, Lanjut Baso, terkait dengan usulan gelar tanda pahlawan yang diusulkan Dinsos Sulawesi Selatan dan Kementerian Sosial RI di Jakarta yang tengah sibuk melakukan koordinasi untuk melngkapi syarat administrasinya harus kita dukung.

“Sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan (KMS UNM, red) mendukung penuh usulan tersbeut, karena memang beliau pantas mendapatkan gelar pahlawan atas pengabdiannnya terhadap negara,” tandas Andi Baso Husain.

Saya berharap, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Sosial secepatnya melengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mengukuhkan gelar pahlawan mantan Panglima ABRI tersebut.

Jenderal Purn. M Yusuf meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 September 2004 pada umur 76 tahun. Meskipun telah wafat, Nama beliau sebagai salah satu pejuang nasional sampai hari ini dikalangan mahasiswa selalu diceritakan sebagai sosok teladan karena jiwa nasionalismenya kuat untuk menjaga keamanan dan kedaulatan RI.(*)

Komentar

News Feed