Dikunjungi Tim Visitasi, Puskesmas Cabbenge Siap Jadi Rumah Sakit Penyangga

Editor

BONEPOS.COM, SOPPENG – Tim Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan berkunjungan ke Soppeng dalam rangka peningkatan status puskesmas Cabbenge menjadi RSUD kelas D, Sabtu 3 Februari 2018.

Dalam kunjungan tersebut, tim visitasi yang dipimpin dr H Muhammad Ichsan Mustari langsung melakukan pengecekan terhadap fasilitas puskesmas Cabbeng yang nantinya akan dijadikan rumah sakit penyangga.

Perubahan status Puskesmas menjadi rumah sakit kelas D ini sendiri, menurut Ichsan memiliki beberapa syarat. Seperti, dokumen/adminsatrasi, studi kelayakan, dua jenis dokter ahli, masterplan, UKL/UPL dan bangunan.

Dalam kunjungannya tersebut, Muhammad Ichsan Mustari juga mengakus sangat mengapresiasi keinginan pemerintah kabupaten Soppeng untuk menjadikan puskesmas Cabbeng sebagai rumah sakit penyangga.

“Kami sangat mengapresiasi keinginan pemerintah kabupaten Soppeng. Sevara garis besar, layak menjadi rumah sakit. Tapi ini tergantung dari pemerintah kabupaten agar cepat mengurus dokument dan administrasi  yang di perlukan. Hal ini menjadi cpekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten untuk mengubah status puskesmas.” ujar Ichsan.

Sejalan dengan itu, Sarianto, Plt Kadis Kesehatan Soppeng optimistis puskesmas Cabbenge secepatnya akan menjadi rumah sakit kelas D.

“Insya allah Tahun ini puskesmas Cabbeng akan menjadi rumah sakit kelas D karena ini merupakan visi-misi pemerintah soppeng yakni memberikan layanan kesehatan unggul dan murah,” jelasnya.

Untuk diketahui pengusulan Puskesmas Cabbenge menjadi rumah sakit agar Rumah Sakit Latemmamala dapat naik ke akreditasi B.

Penulis   : Nur Alam
Editor     : Risal Saleem