oleh

Dinas Pendidikan Soppeng Gelar Acara Pentas Seni dan Budaya Tradisional

Dinas Pendidikan Soppeng Gelar Acara Pentas Seni dan Budaya Tradisional
 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan pentas seni dan budaya tradisional. Kamis, 21 Desember 2017. (BONEPOS.COM – NUR ALAM ABRA).


BONEPOS.COM, SOPPENG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan pentas seni dan budaya tradisional. Kamis, 21 Desember 2017.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan seminar budaya dan bahasa daerah ini berlangsung di gedung pertemuan masyarakat Soppeng.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya, Sekda Soppeng, Andi Tenri Sessu, para Kepala Sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, Mts, serta para guru bahasa daerah dan seni budaya se Kabupaten Soppeng.

Dalam sambutannya, Sekda Tenri Sessu, mengatakan, bahwa peran budaya dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai kehidupan yang melandasi sebuah tatanan masyarakat.

“Tanpa pembangunan budaya, baik itu kesenian, sastra, bahasa lokal dan tradisi lokal ataupun pemikiran budaya, sebuah bangsa akan kehilangan spirit dan roh kehidupan masyarakatnya,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Dia, perkembangan budaya telah mengalami tantangan yang luar biasa dari budaya luar termasuk budaya barat, contohnya anak muda bangsa sekarang ini.

“Kita merasa lebih percaya diri dan lebih gaul jika meniru budaya barat, akhirnya kita malu mengakui budaya kita sendiri,” ujarnya.

Olehnya itu, dia berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang memiliki fungsi penguatan budaya tradisional dan penguatan bahasa bugis di Sulsel dan Soppeng khususnya.

Penulis   : Nur Alam Abra
Editor     : Risal Saleem

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed