oleh

SD Yayasan PG Camming Terapkan Program Literasi Sebelum Jam Belajar

BONEPOS.COM, BONE — Melalui progran kurikulum 2013 pemerintah canangkan kegiatan baca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum memasuki jam pelajaran atau disebut dengan program literasi.

Seperti pantuan Bonepos.com, di SD Yayasan PG Camming, Rabu, 12 September 2018.

BNNK BONE

Sebelum memulai jam pelajaran, siswa-siswi diinstruksikan untuk mengunjungi perpustakaan atau pojok baja yang tersebar disetiap lorong sekolah.

Kegiatan ini, dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Mereka diinstruksikan untuk membaca buku non pelajaran, buku eksperimen sains dan masih banyak lagi.

Usai membaca, wali kelas akan menunjuk salah satu anak untuk menceritakan kembali apa yang mereka baca atau Story telling. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mereka tentang isi buku tersebut.

Tidak hanya siswa, wali kelas dan guru pendamping pun ikut membaca buku dan ikut menceritakan isi buku tersebut atau disebut juga dengan teacher telling.

Kegiatan literasi bisa dilakukan dimana saja tergantung wali kelasnya, ada yang melakukan literasi di taman bunga, perpustakaan, pojok baca, aula dan ada pula yang melakukan literasi di kelas masing-masing.

“Alhamdulillah anak-anak selalu bersemangat jika disuruh ke perpustakaan atau ke pojok baca. Mereka mengatakan bahwa buku yang ada di sekolah itu seru-seru.” Kata Hj. Ramsina, M. Pd.

Ramsina, berharap dengan adanya kegiatan literasi ini dapat meningkatkan minat baca dan pengetahuan anak,”ungkapnya.

Sekedar diketahui, Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya “kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar).

Amry Amas

Komentar

News Feed