oleh

Inspiratif! Strategi LSN Bantu Kuatkan Rupiah yang Terpuruk

BONEPOS.COM, JAKARTA – Kondisi rupiah yang sedang melemah mengundang animo berbagai organisasi kepemudaan untuk turut serta beprperan memberikan kontribusi positif.

Seperti yang dilakukan oleh Laskar Santri Nusantara (LSN), dimana dalam menghadapi kondisi ini mengajak kepada seluruh anggota dan masyarakat Indonesia untuk membantu pemerintah memperkuat rupiah.

BNNK BONE

Ketua Umum DKN Laskar Santri Nusantara, Didik Setyawan Al-Asyari mengatakan bahwa saat ini ada 5 cara atau strategi biasa yang perlu dilakukan secara bersama-sama untuk membantu pemerintah dalam menghadapi kondisi rupiah yang melemah ini.

Pertama, menganjurkan masyarakat untuk menahan dulu membeli alat elektronik, karena akibat permintaan yang tinggi pembelian elektronik ini mempengaruh nilai rupiah karena memerlukan dolar untuk pembelian barang.

Kedua, menurut Didik, segera menukarkan dollar masyarakat kedalam bentuk nominal rupiah.

“Saya secara pribadi dan juga secara institusi mengajak masyarakat kita untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam menghadapi melemahnya rupiah pada beberapa hari ini,” ujar pria yang akrab disapa Didik ini, Kamjs (6/9/2018) lalu.

Didik mengatakan bahwa diekonomi era digital ini masyarakat Indonesia latah untuk belanja barang secara online, terkadang masyarakat secara langsung belanja produk luar negeri dengan menggunakan mata uang luar negeri. Hal inipun menurutnya secara langsung atau tidak langsung berdampak pada melemahnya rupiah.

“Dengan situasi seperti ini, kami menganjurkan agar kita semua membeli produk dalam negeri,” ujar Didik.

Selain itu, dalam kondisi rupiah saat ini, Didik menganjurkan masyarakat untuk menahan dulu membeli alat elektronik, karena akibat permintaan yang tinggi pembelian elektronik ini mempengaruh nilai rupiah karena memerlukan dolar untuk pembelian barang.

“Tahan dulu untuk membeli barang-barang elektronik, sebab ini juga memiliki dampak terhadap rupiah, dan ketiga, bagi yang memiliki dolar agar segera menukarkan kerupiah untuk membantu pemerintah,”ujarnya.

Komentar

News Feed