oleh

BPI Ingatkan Pemerintah Rupiah Terpuruk Indonesia Kehilangan Kepercayaan Investor

BONEPOS.COM, JAKARTA – Pemerintah seperti sudah kehilangan cara untuk mengatasi pelemahan rupiah. Hal ini, terus menjadi sorotan publik dan menuai kritik tajam dari sejumlah pakar dan pengamat.

Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha turut angkat bicara mengenai hal tersebut, Senin (8/10/2018).

BNNK BONE

Menurut Panji, memburuknya kondisi rupiah secara makro dapat berefek pada kepercayan investor untuk menanam modal di negara ini. Termasuk repatriasi dari keuntungan perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia.

“Ditinjau dari segi kebijakan pemerintah, seperti kurang siap dengan fenomena repatriasi perusahaan asing. Pemerintah perlu membuat regulasi khusus batas repatriasi. Jika 25 persen profit atau keuntungan asing diwajibkan untuk tetap berada di Indonesia itu akan sangat membantu stabilisasi rupiah di pasar global.,” tutur Panji.

Lebih lanjut, Panji menambahkan, pemerintah juga perlu memikirkan berbagai formulasi penanganan defisit perdagangan negara.

“Selama ini, pemerintah cenderung buang handuk soal permasalahan ekonomi dalam negeri dengan mengaitkan kondisi krisis di berbagai negara. Padahal, kenyataannya memang pemerintah masih kurang siap dari segi kebijakan dalam beberapa hal,” tegas Panji.

Komentar

News Feed