oleh

Inilah 13 Hikmah Peristiwa Mahatir Mohamad Tumbangkan Rezim di Malaysia

BONEPOS.COMBanyak hal yang perlu dipelajari dari Malaysia antara lain; Malaysia memperoleh kemerdekaannya dengan jalan diplomasi di meja rundingan. Pemilu Malaysia (PRU), tanggal 9 Mei 2018  juga sukses mengganti rejim yang telah berkuasa lebih dari 61 tahun dengan tanpa pertumpahan darah, kekerasan dan pengrusakan yang banyak merugikan bangsa dan infrastruktur negara sebagaimana yang sering berlaku di negara berkembang seperti Thailand, Myanmar, Afrika, Philipina, Indonesia, Arab dan sebagainya.

BNNK BONE

Pemimpin yang ada pula menerima dengan lapang dada proses demokrasi itu untuk menghormati kehendak dan suara rakyat yang inginkan perubahan. Yang paling mengagumkan adalah pendukung partai pemerintah yang kalah juga menerima keputusan itu dengan lapang dada tanpa menimbulkan kekerasan dan ancaman.

Sementara pendukung partai yang menang tidak merayakan kemenangan itu berlebihan melalui euforia kemenangan.Tiada perarakan, pesta pora kemenangan selain puji syukur kepada Allah dan doa selamat yang banyak di share dalam group media sosial disaat media mainstream nampaknya masih berpihak pada pemerintah yang lama.

Para pendukung partaiyang menang pula tidak menabik dada bangga merasa paling berjasa mengganti rejim apalagi inginkan balas jasa berupa jabatan, pangkat dan uang.

Perdana Menteri terpilih pula sejak awal lagi menjelaskan bahwatiada aksi balas dendam terhadap mereka yang kalah selain proses penegakan hukum (rule of law) yang harus dihidupkan di bawah bidang kuasa yudikatif.

Tindakan profesional yang dilakukan petugas keamanan seperti Polisi yang berhasil menyekat anarkisme dan tindakan Komite Pemilihan Umum Malaysia (SPR) yang melambat-lambatkan pembacaan hasil PRU menurut saya juga adalah bahagian dari strategi menghalang berlakunya kekerasan antara pihak yang kalah dengan pihak yang menang.

Komentar

News Feed