oleh

Pemprov Sulsel-ACT Lepas Kapal Kemanusiaan untuk Lombok

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas Kapal Kemanusiaan ke Lombok, di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (18/9).

Kapal ini akan membawa bantuan untuk masyarakat Lombok yang menjadi korban gempa.

BNNK BONE

Andi Sudirman menuturkan, sudah ada tim dari Pemprov Sulsel yang dikirim ke Lombok melakukan tugas selama seratus hari. Dan jika masih dibutuhkan, akan kembali dikirim bantuan tenaga di Lombok, hingga kondisi disana benar-benar pulih.

“Sulsel harus benar-benar hadir disana. Kalau perlu, bangun posko sendiri disana. Aksi Cepat Tanggap silahkan koordinasi dengan Dinas Sosial, jika memang masih dibutuhkan bantuan-bantuan seperti tenaga kesehatan, atau tenaga pendidikan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan gagasannya soal pogram Bank Beras atau ATM Beras, bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional.

“Saya sudah diskusikan untuk membentuk bank beras, atau ATM beras, yang akan didistribusikan kepada yang membutuhkan. Kita akan buat kartu penerima, juga berfungsi sebagai ATM beras. Nanti kita programkan,” imbuhnya.

Apa yang terjadi di Lombok, kata Andi Sudirman, harus menjadi pelajaran bagi kita semua. Teguran untuk kita semua, dan menguji bagaimana persatuan kita dalam menghadapi masalah.

Sementara, Direktur Aksi Cepat Tanggap, Awal Purnama, melaporkan, sudah terjadi 2.000 kali gempa di Lombok. Sekitar 95 persen bangunan retak, termasuk hotel.

“Apa yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok mengundang empati banyak pihak. Kita berharap, masalah di sekitar kita menjadi tanggung jawab bersama. Apalagi, masyarakat Lombok dengan masyarakat Sulsel bersaudara, sangat dekat,” ujarnya.

Ahmad Rusli

Komentar

News Feed