oleh

Gaya Busana Khas Syekh Ma’ruf Amin Cawapres Indonesia

BONEPOS.COM – KH Ma’ruf Amin, sejak senter dikabarkan menjadi cawapres Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019 mendatang, Ma’ruf Amin kerap tampil dengan menggunakan sarung.

Pria 75 tahun yang terkenal sebagai sebagai pemuka agama, wakil rakyat, dan sejumlah jabatan publik ini bahkan bersarung saat berangkat untuk pendaftaran Pilpres.

BNNK BONE

Tampaknya sarung menjadi gaya busana khas dari pria kelahiran Banten 11 Maret 1943 ini. Jika dilihat dari latar belakang Ma’ruf yang sempat menjabat sebagai Ketua NU wilayah Jakarta periode 1966-1967, wajar jika pria yang dikaruniai delapan anak ini identik dengan sarung.

Sebab, konon organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia ini memang dikenal sebagai kaum “sarungan”. Sebagian besar anggota kelompok pun memakai sarung sebagai kebiasaan. Ormas ini juga yang dalam sejarahnya pernah menggunakan sarung sebagai gerakan politik identitas.

Nah, berdasarkan catatan sejarah, sarung berasal dari Yaman yang terkenal dengan sebutan futah. Seiring berjalannya waktu, sarung di Indonesia nampaknya telah menjadi pakaian yang menyatukan seluruh Bangsa Indonesia. Kini, pakaian ini dapat ditemukan di seluruh Nusantara dan dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat.

Editor : Nur Atika Pratiwi

Komentar

News Feed