oleh

Ini Profil Ma’ruf Amin, Cawapres Pilihan Jokowi

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin telah resmi ditunjuk sebagai calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi). Setelah menjalani proses yang begitu panjang, akhirnya formasi koalisi pemerintah telah terbentuk.

Ma’ruf sendiri bukan pemain baru dalam kancah politik tanah air. Sejumlah jabatan birokrasi pernah didudukinya. Selain itu, sosoknya juga kental dengan latar belakang Islam.

BNNK BONE

Seperti dilansir dari Wikipedia, kiprah Ma’ruf dalam kancah politik dimulai pada 1971. Kala itu pada usia 28 tahun dia berhasil masuk dalam jajaran legislatif DKI Jakarta.

Selama menjadi legislator di ibukota, Ma’ruf beberapa kali menduduki posisi strategis, di antaranya Ketua Fraksi Golongan Islam, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Setelah kenyang duduk di legislator DKI Jakarta, pria kelahiran Tangerang, 75 tahun silam itu naik kelas. Kala itu dia menyeberang partai dari PPP ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keputusannya itu berhasil mengantarkannya menjadi Ketua Komisi VI DPR RI. Dilanjut dengan menjadi Anggota MPR RI.

Tidak berhenti di situ, karir politik Ma’ruf masih bergulir. Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dirinya ditunjuk menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Ia menjabat sejak 2007 dan berakhir pada 2014.

SUMBER FAJAR.CO.ID

Komentar

News Feed