oleh

KKN-PPM UNM Sasar Keluarga Kurang Mampu

Sekretaris Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar (LPM-UNM), Dr. Ismail, MS.

BONEPOS.COM, SIDRAP – Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar melakukan sebuah terobosan positif di tengah masyarakat dengan pengabdian nyata untuk sebuah kebaikan.

Sedikitnya 73 orang mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam kelompok mahasiswa KKN-PPM, saat ini telah menjalani KKN-PPM selama dua bulan lamanya.

BNNK BONE

Pelaksanaannya  terhitung sejak Agustus-September 2017 di Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang, dengan sasaran utamanya adalah keluarga yang kurang mampu.

 “Saya perlu kemukakan bahwa sasaran utama dari program KKN-PPM di Kec. Kulo, Sidrap ini adalah keluarga kurang mampu dengan mencoba mendorong program pokok mahasiswa kita yakni optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Yakni dengan budidaya sayuran, sehingga dalam mendukung program ini, mahasiswa KKN-PPM melatih masyarakat dengan sistem hidroponik sederhana untuk menambah kesuburan lahan,” papar  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UNM, Dr. Ismail, M.S. di sela-sela kesibukannya di Kampus UNM, Menara Pinisi, Rabu, 25 Oktober 2017.

Selain itu, lanjut Ismail menambahkan, selama kurung waktu 2 bulan pelaksanaan KKN-PPM tersebut, dilakukanlah pelatihan dan pendampingan pembuatan pupuk kompos metode Takakura dengan bahan baku limbah organik rumah tangga, pembuatan pupuk organik cair (POC, dan mikroorganisme lokal dengan berahan baku limbah pertanian. 

“Jadi KKN PPM di Kec. Kulo Kab. Sidrap ini pada dasarnya bertujuan untuk membelajarkan dan memberdayakan masyarakat dengan khalayak sasaran keluarga kurang mampu demi meningkatkan pendapatan keluarga kurang mampu sehingga memang fokusnya kegiatan ini pada bidang pengembangan rumah pangan dan pupuk kompos berbasis limbah rumah tangga,” ungkap Sekretaris LPM UNM ini.

Sementara itu,  Camat Kulo, St. Fadhila, M.Si. menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN-PPM UNM yang mengabdikan ilmunya pada masyarakat Sidrap khususnya di Kec. Kulo.

“Saya tentu mengapresiasi secara positif dan juga mendukung penuh kegiatan seperti ini karena bersentuhan langsung dengan masyarakat dan hal ini bagus bagi masyarakat karena masyarakat sudah mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair pada kelompok masyarakat tertentu, seperti kelompok tani,” pungkas St. Fadhilah.

Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed