oleh

Kader Wahdah Islamiyah Raih Gelar Doktor di King Saud University

Citizen report: Yoshi Putra Pratama, Mahasiswa Universitas Islam Madinah Arab Saudi

BONEPOS.COM, RIYADH – Salah satu kader Wahdah Islamiyah, Ahmad Hanafi kembali harumkan nama Indonesia dikancah internasional dengan meraih gelar doktoral dengan nilai mumtaz ma’a martabah syaraf ula (summa cumlaude) di fakultas Tarbiyah, Jurusan Diraasat Islamiyah, konsentrasi Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqh, King Saud University (KSU), Kamis 2 Shofar 1440 H/ 11 Oktober 2018

BNNK BONE

KSU merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Arab Saudi.

Pria asal Makassar yang memiliki darah campuran Jawa Sulawesi ayahnya H. Dain Yunta berasal dari Sumedang Jawa Barat.

Ustaz Ahmad Hanafi berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Al-Furuq Al-Fiqhiyah ‘inda Syafi’iyyah Min Awwal Kitab As-Sholah Ilaa Nihayah Kitab Al-Janaaiz.”

Di depan Tim penguji Prof. DR. Zaid Bin Sa’ad Al-Ghannaam, Prof. DR. Abdurrahman Bin Ustman Al-Jal’ud, DR. Fahd Bin Sholih Al-Ajlan dan Prof. DR. Ali Bin Abdul Aziz Al-‘Umairiniy didampingi dosen pembimbing Prof. DR Sholih Bin Muhammad Al-Fauzan Ustad Ahmad Hanafi dapat mempertahankan hasil disertasinya dengan baik.

Di KSU telah tercatat beberapa kader Wahdah Islamiyah telah menyelesaikan program magister dan doktoral di berbagai bidang, baik jurusan agama maupun umum.

Dua tahun yang lalu Ustadz Shalahuddin Guntung menyelesaikan program magister di bidang akidah dengan predikat cumlaude di Universitas ini.

Begitu juga Ustad Eko Misbahuddin di bidang fiqih ushul fiqih, dan keduanya sekarang tercatat sebagai mahasiswa program doktoral di kampus yang sama, dan sedang dalam proses penyusunan disertasi.

Kemudian pada 1 januari 2018, ustadz Ardian Kamal Bakhtiar berhasil mempertahankan tesisnya di KSU jurusan Theoretical Physics dengan  mendapatkan nilai cumlaude. Dan disusul ditahun yang sama oleh Ustad Aswanto Muhammad Takwi pada jurusan Hadits, juga Ustad Saiful Yusuf pada jurusan Fiqh Ushul Fiqh, dan dalam beberapa hari lagi Ustad Lukmanul Hakim juga akan munaqasyah mempertahankan tesisnya dalam bidang Hadits.

Ustad Ahmad Hanafi saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Syariah di Wahdah Islamiyah dan dosen STIBA Makassar.(*)

Komentar

News Feed