oleh

Ketahui Manfaat Puasa Hasil Riset Ilmuwan, Berikut Penjelasannya!

BONEPOS.COM – Menunaikan ibadah puasa adalah momentum sangat penting bagi ummat muslim di seluruh dunia.

Setiap perintah dan larangan Tuhan memiliki hikmah dan keutamaan. Demikian pula ibadah puasa, ada banyak hikmah dan manfaat mengerjakannya.

BNNK BONE

Selain mendapat pahala, menahan makan dan minum pada siang hari, bagi orang yang berpuasa dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh.

Studi tentang manfaat puasa sudah banyak dilakukan oleh ilmuwan. Salah satunya, hasil penelitian yang dilakukan sekelompok ahli nutrisi dari University of Southern California, Amerika Serikat.

Menurut guru besar Ilmu Biologi dan Penuaan universitas itu, Profesor Valter Longo, berpuasa bisa memberikan cukup waktu untuk membentuk sel baru yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

“Berita gembiranya, berpuasa dapat membuang sel-sel darah yang sudah rusak dan tua,” kata Valter, dikutip dari dream.co.id.

Dalam laporan penelitiannya, para ilmuwan berkesimpulan bahwa berpuasa selama tiga hari dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, terutama bagi pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Selain itu, berpuasa dapat memperbaiki ketahanan tubuh manula yang terus menurun karena faktor usia.

“Jika sistem sel tubuh Anda rusak parah akibat pengobatan kemoterapi atau melalui proses penuaan, dengan berpuasa ia mampu mengembalikan sel baru yang lebih baik,” ucap Valter.

Puasa secara rutin juga dapat menambah sel darah putih dalam tubuh. Dengan meningkatnya sel darah putih dapat membantu memperbaiki sistem ketahanan tubuh seseorang.

Temuan terpenting para ilmuwan itu, puasa dapat menghindarkan seseorang pada risiko penyakit kanker dan tumor. Sebab, berpuasa dapat menurunkan enzim PKA, enzim pemicu kanker dan tumor.(*)

Komentar

News Feed