oleh

Ketahui Penyebab Lemas di Hari Pertama Puasa, Atasi Dengan Cara Ini

BONEPOS.COM – Seseorang biasanya merasa lemas dan mudah mengantuk pada tiga hari pertama puasa. Walaupun dianggap sebagai sesuatu yang wajar, tetapi sebetulnya kita bisa tetap bugar di masa transisi tersebut.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, Sri Sukmaniah membagi kuncinya.

“Kiatnya adalah jangan berhenti beraktivitas. Karena bila kita mengikuti rasa lemas tersebut, hormon-hormon untuk mengeluarkan cadangan energi seperti glukosa tidak akan dikeluarkan oleh tubuh,” ujar Sri dilansir Beritasatu.com.

Dengan tetap beraktivitas seperti biasa, lanjut Sri, hormon-hormon di dalam tubuh akan terstimulasi untuk mengeluarkan cadangan glukosa, sehingga kadar gula darah akan tetap terjaga.

“Kalau kadar gula darahnya terjaga, tubuh tidak akan lemas,” ujarnya.

Sri juga mengingatkan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi. Karena saat berpuasa, manusia tetap membutuhkan asupan air putih sekitar dua liter atau setara delapan gelas air sehari sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemkes).

“Aturannya dengan meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat akan tidur. Air putih juga paling direkomendasikan karena merupakan cairan yang paling alami untuk menghidrasi tubuh,” katanya.(*)

Komentar

News Feed