Kirim Opini

OPINI/KOLOM

Apa saja syarat tulisan yang layak dimuat oleh rubrik opini Bonepos ?

Editor menerima esai yang ditulis dengan sudut pandang dan argumen yang ringkas dan jelas. Jargon-jargon yang tidak familiar wajib dijelaskan di dalam badan tulisan.

Editor tidak menerima tulisan dengan paparan bertele-tele, berulang, obskurantis, dan mengaburkan pokok bahasan serta tidak plagiat (Copy Paste).

Kolom opini Bonepos terbuka untuk tulisan dari berbagai macam kajian dan disiplin ilmu. Respons atas topik terkini dan isu-isu jangka panjang yang krusial bagi diskursus publik akan diprioritaskan untuk diterbitkan.

Pencantuman referensi?

Pencantuman rujukan tidak menggunakan catatan kaki atau catatan akhir. Judul buku/tulisan beserta tahun terbit dan nama penulis dimuat langsung di badan tulisan. Judul buku ditulis dengan cetak miring, sementara judul esai lepas, tulisan jurnal, atau bab dalam buku yang dirujuk ditulis dengan tanda kutip (“…”).

Tautan elektronik (URL) langsung ditulis di badan teks dalam tanda kurung dan tidak dicantumkan sebagai hyperlink.

Ke mana saya harus mengirimkan opini?

Kirimkan tulisan email ke [email protected] disertai lampiran berkas tulisan, foto, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor rekening beserta alamat cabang bank. Format subjek email: [OPINI] – judul tulisan – nama penulis.

Berapa panjang artikel opini Bonepos?

Bonepos menerima esai opini sepanjang minimal 800 dan maksimal 1.500 kata.

Saya Penulis Baru apa yang harus saya lengkapi ?

Penulis baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di Bonepos) wajib melampirkan identitas dan scan KTP dan NPWP (kalau ada). Identitas terdiri dari nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi, serta atribusi (profil singkat).

Apakah Opini saya bisa dimuat di Media Lain ?

Opini yang dimuat di Bonepos boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Bonepos, dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Bonepos.

Berapa lama saya harus menunggu jawaban editor?

Maksimal 7 hari setelah dikirim. Tulisan Anda tidak kami terbitkan jika editor tidak merespons dalam waktu 7 hari.