oleh

Komunitas Kontur Study For Adventure Kabupaten Bone Gelar Dialog Tips Berpetualang

BONEPOS.COM, BONE – Kontur Study For Adventure Kabupaten Bone gelar dialog petualang dengan tema Mengurangi Resiko Kecelakaan di Alam Bebas di Cafe Seven Break Jl MT Haryono Watampone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Ahad (29/7/2018) malam.

Hadir sebagai pemateri Kepala Basarnas Bone, Andi Sultan dan salah satu penggiat alam bebas Kabupaten Bone, Nasrullah.

BNNK BONE

Dalam pemaparannya, Andi Sultan menuturkan berpetualang di alam bebas memiliki resiko. Kendati demikian, lanjut Andi Sultan, resiko bisa diminimalisir dengan sejumlah persiapan yang matang sebelum melakukan petualangan dan kegiatan outdoor lainnya.

“Saat ini, zaman milenial cara mendapatkan informasi atau materi di alam bebas sangat mudah. Hal ini, seharusnya semakin sedikit karena teknologi yang memadai saat ini,” cetusnya.

Diketahui, peserta dialog petualang ini, terdiri dari komunitas pecinta alam, mahasiswa dan berbagai perwakilan mahasiswa.

Sementara itu, Nasrullah menjelaskan jenis bahaya dalam kegiatan outdoor yakni bahaya subjek dan bahaya objek.

Bahaya Subjek lanju Nasrullah, adalah factor bahaya ‘intern’ yang timbul pada pribadi petualang dalam melakukan kegiatannya.

“Semisal kurangnya persiapan untuk suatu perencanaan yang berhubungan dengan suatu kegiatan, juga factor fisik dan wawasan penguasaan pengetahuan. Serta skill tentang pengetahuan teknik hidup di alam terbuka dan seterusnya,” paprnya.

Selanjutnya, bahaya objek,  adalah factor bahaya yang datang dari alam yang timbul secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

“Saat sedang melakukan kegiatan dilapangan, atau saat sedang melakukan aktivitas pelatihan atau pendidikan di lapangan, tiba-tiba terjadi adanya cuaca buruk seperti adanya hujan atau kabut yang disertai badai atau angin kencang, dan lain-sebagainya yang dapat mengakibatkan permasalahan dilapangan,” tambahnya.(ran)

Komentar

News Feed