oleh

KPU Sulsel Diduga Salah Rekap, Bakal Calon Senator Muda Harmansyah Akan Layangkan Gugatan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Bola panas kini menggelinding ke KPU Sulsel. Diduga ada kesalahan input data yang membuat Harmansyah digugurkan dari pencalonan DPD RI.

Sebelumnya, KPU menetapkan jumlah dukungan sah Harmansyah hanya 2.999. Atau kurang satu untuk memenuhi syarat pencalonan Senator RI.

BNNK BONE

Harmansyah pun bersikap. Bakal calon Senator RI yang lebih akrab dikenal Pemuda Bersyal Merah ini menggugat ke Bawaslu Sulsel. Alasannya, kesalahan sistem KPU yang membuat Harmansyah digugurkan “paksa” dari pertarungan DPD RI.

Selain karena masalah kasimbong yang tidak diakomodir karena tidak ada solusi soal perbedaan sebutan nama desa. Perlahan, dugaan itu terbukti benar. Jumlah dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) yang direkap KPU Provinsi ternyata berbeda dengan KPU Kabupaten Pinrang.

Dalam berita acara pleno KPU Pinrang, jumlah dukungan TMS Harmansyah hanya 44 E-KTP. Namun dalam rekap KPU Sulsel justru dimasukkan 60 E-KTP. Hal ini membuat dukungan yang memenuhi syarat berkurang.

“Saya heran dengan adanya data yang dianggap ganda external padahal di sistem tidak terdeteksi, ini temuan awal teman-teman Pemuda Bersyal Merah, sehingga mencari bukti di lapangan,” kata Harmansyah.

Tak hanya itu, 24 usungan KTP di Desa Kasimbong Kecamatan Masamba, Kab Luwu Utara tidak berhasil diverifikasi oleh KPU dengan alasan masalah di template.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada penjelasan resmi dari KPU Sulsel soal dugaan kekeliruan rekap dukungan Harmansyah.

Namun terkait hal itu, salah seorang staf KPU Sulsel Nasya, berdalih jika semua rekap dukungan by sistem dan berdasarkan hasil penelitian administrasi dan klarifikasi. (*)

Komentar

News Feed