oleh

LPM Penalaran UNM Kembali Gelar LGD

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Calon peserta Training of Trainer (ToT) 2018 Lembaga Penalaran Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti tahap LGD (Leaderless Group Discussion) Sabtu, 4 Agustus 2018.

LGD adalah salah satu program kerja dari divisi pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai paradigma belajar partisipatoris dan paradigma dasar kefasilitatoran serta untuk membekali kemampuan kefasilitatoran bagi calon fasilitator.

BNNK BONE

Tema yang di angkat pada pelaksanaan kegiatan kali ini yaitu “Sharpening Analitycal Skills, Be The Best Trainer of Penalaran”, dengan harapan calon fasilitator dapat meningkatkan kemampuan untuk analisis kebutuhan pelatihan serta untuk dapat mengonsep kegiatan berdasarkan analisis yang telah dilakukan.

Salah satu tahapan seleksi calon peserta ToT 2018 yaitu LGD, dimana peserta mengumpulkan formulir dan kelengkapan berkas. Proses LGD akan dilaksanakan di Sekretariat alternatif LPM Penalaran UNM di Komp Patun Makateks, dengan jadwal registrasi dimulai pukul 19.30 wita.

Pada proses pelaksanaan LGD peserta disediakan beberapa tema yaitu: Najwa Shihab Mengungkap Sel Palsu, Kotak Kosong Pilwalkot Makassar, Kontroversi TikTok, Pendaftaran Seleksi Melalui Jalur Zonasi, dan Optimalisasi BUMDes.

Dalam pelaksanaan LGD terbagi kedalam 5 posko, satu posko terdiri 6 orang calon peserta, serta posko lain terdiri dari 4-5 orang dengan dua observer. Calon Peserta ToT diberikan tema yang sesuai dengan topik-topik terkini, sehingga calon peserta ToT diharapakan dapat kritis dengan fenomena-fenomena yang ada.

Mekanisme pembagian topik yaitu, calon peserta yang melakukan registrasi di kesekretariatan akan memilih tema LGD secara random, tema yang terpilih oleh peserta secara random ini akan dijadikan sebagai topik pembahasan disetiap kelompok dalam LGD.

Ketua umum LPM, Agusman berharap, setiap peserta nantinya dapat mengambil semua ilmu saat menjalani proses ToT, dengan harapan para fasilitator-fasilitator ini nantinya bisa berguna bagi LPM dan Masyarakat.

“Harapan kita semua, bahwa calon peserta yang mengikuti ToT ini bisa dengan maksimal mengambil semua ilmu selama menjalani semua proses di ToT ini sehingga nanti luaranya adalah terciptanya para fasilitator-fasilitator yang berguna,” kata Agusman, selaku ketua umum LPM.

Ahmad Rusli

 

Komentar

News Feed