oleh

Maba Cumlaude Bebas Test Masuk S2 Pendidikan IPS PPs-UNM

Maba Cumlaude Bebas Test Masuk S2 Pendidikan IPS PPs-UNM

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Tiga tahun terakhir ini calon mahasiswa baru yang lulus sarjana cumlaude di kampusnya, bebas test lanjut studi pada prodi  S2 Pendidikan IPS.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S2 Pendidikan IPS PPs-UNM, Prof. Dr. Darman Manda, M.Hum, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/1/2018).

Dijelaskan, maba yang diterima itu harus membawa surat keterangan lulus cumlaude dengan pujian dari kampus tempat menyelesaikan stusi S1, tandas Puto Manggolo, gelar diberikan  pemimpin tertinggi komunitas Kajang, Ammatoa Puto Palasa ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya bebas tes bagi maba cumlaude hanya diberlakukan bagi alumni S1 dari UNM, tetapi sejak tiga tahun lalu diberlakukan bagi lulusan dari luar UNM entah dari kampus negeri dan swasta.

Seleksi wawancara gelombang pertama maba 2018 mulai dilaksanakan minggu kedua Januari 2018. Peminat ikut wawancara sebanyak 30 orang.

“Diperkirakan total bakal diterima sebanyak 50 orang dan akan ada gelombang kedua pendaftaran maba,” tandas  doktor antropologi PPs-Unhas ini.

Prodi ini sudah dua kali berturut-turut meraih akreditasi BAN-PT dengan nilai tertinggi yakni A. Pencapaian pertama ketika masa ketua prodi Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si.

Prodi yang dibina selama ini yakni S2 Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Antropologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan PKN, Pendidikan Administrasi Umum, Pendidikan Ekonomi dan IPS PGSDAN, katanya.

Tahun akademik 2018, prodi terbanyak peminat adalah; S2 Pendidikan Sosiologi, S2 IPS ke-SD-an, S2 Pendidikan Sejarah dan S2 Pendidikan Ekonomi.

“Ada satu kekhususan yakni S2 Pendidikan Administrasi Umum, sudah dua tahun terakhir sudah tidak ada yang berminat,” kata Darman.

Darman Manda lahir di Polewali 3 Januari 1965. Tamat SD dan SMP di Barru. Tamat SMA 5 Makassar 1984. Sarjana sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang 1989.

S2 Universitas Padjadjaran Bandung 1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria Australia, tahun 1997. S3 Antropologi PPs-Unhas 2007. (yahya)

Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed