oleh

Makassar Juga Terpilih Jadi Kota yang Dilintasi Obor Asian Games 2018 Selain Palembang dan Jakarta

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Gegap gempita perhelatan akbar Asian Games 2018 yang akan dihelat pada Agustus mendatang rupanya tidak hanya menyelimuti dua kota tempat terselenggaranya event itu, yakni Jakarta dan Palembang.

Salah satunya Kota Makassar. Makassar terpilih menjadi salah satu daerah di Indonesia yang akan dilewati Kirab Obor Asian Games 2018.

BNNK BONE

Hal tersebut diungkapkan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Makassar dalam acara jumpa wartawan yang digelar, Jumat 20 Juli 2018, di Warunk Up Normal, Jalan Andi Djemma Makassar.

Kepala Dispora Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan stafet Obor Asian Games pertanda pelaksanaan Asian Games 2018 dilaksanakan.

“Obor tersebut akan tiba di Makassar pada 28 Juli 2018, setelah tiba di bandara, Obor Asian Games 2018 akan langsung di bawa ke Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, dan menginap semalam di sana. Obor Asian Games 2018 kemudian di bawa kembali lagi ke Kota Makassar pada 29 Juli 2018 melalui jalur laut,” kata Hendra.

Lanjut Hendra, Kabupaten Bulukumba tepatnya di Kecamatan Bira juga akan menjadi daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games setelah obor tersebut tiba dari Papua.

“Khusus di Makassar, Kirab Obor akan kita mulai dari Anjungan Pantai Losari diterima oleh Bapak Wali Kota Makassar. Lalu dibawa mengelilingi beberapa ruas jalan di Kota Makassar,” jelas Hendra.

PPI Bontobahari, beber Hendra, telah mempersiapkan rombongan disambut tarian adat kemudian naik perahu Pinisi menuju pantai Tanjung Bira.

“Tiga Pinisi akan mengantar rombongan Torch Relay. Selain itu Pinisi akan dikawal dengan 45 kapal lainnya yang berbobot 25 sampai 45 GT. Jumlah 45 kapal itu merupakan simbol dari jumlah negara peserta Asian Games. Setiap kapal akan dihias dengan bendera masing-masing negara,” paparnya.

Kirab Obor Asian Games 2018 akan berakhir di Lapangan Hasanuddin yang ditandai dengan penyerahan Obor dari Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto ke Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono. Obor selanjutnya di bawa ke Rumah Jabatan Gubernur dan diinapkan satu malam disana.

Ahmad Rusli.

 

 

Komentar

News Feed