oleh

Nantikan Festival Budaya I La Galigo Oktober Mendatang

BONEPOS.COM, SOPPENG — Kekayaan budaya I La Galigo jadi salah satu kebanggan masyarakat Sulawesi Selatan. Pasalnya, naskah I La Galigo telah dikukuhkan oleh organisasi kebudayaan PBB UNESCO sebagai Memory Of The World pada akhir tahun 2012 lalu.

Dalam rangka melestarikan kebudayaan I La Galigo, Pemerintah Kabupaten Soppeng berencana menggelar Festival Budaya I La Galigo, 25 hingga 31 Oktober 2018  mendatang.

BNNK BONE

Festival yang berskala Internasional ini sebagai respon terhadap karya agung karya agung warisan sastra dunia yang lahir dari rahim Bugis Sulawesi Selatan.

Terkait penyelenggaraan Festival ini, Ketua Badan Promosi Dan Pengembangan Daerah (BPPD) Kabupaten Soppeng, Farouk M Adam yang ditemui di Sekretariat Panitia Festival La Galigo , di Hotel Makmur Watansoppeng, Senin 30 April 2018.

“Festival Budaya ini akan digelar selama 7 hari 7 malam,beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival ini meliputi Seminar Internasional, Tudang Sipulung,Pengukuhan Umpungeng sebagai Med Poin/ Center Poin Indonesia, Penyajian Sastra dan Tradisi Lisan,Massureq,Permainan Rakyat,Pentas lagu lagu rakyat,Kirab Budaya Berciri La Galigo dan Pameran Budaya” ujarnya.

Farouk membeberkan Festival yang mengusung tema I La Galigo Dalam Bingkai Keberagaman Budaya Nusantara dengan Subtema Soppeng Dalam Lintasan Peradaban La Galigo akan dihadiri oleh peserta dari berbagai penjuru Nusantara dan dari luar negeri.

“Rencananya, Festivalnya akan dilaksanakan di tiga tempat dan tersebar di tiga lokasi,masing masing di Kecamatan Marioriawa, Kecamatan Lalabata dan di Kecamatan Marioriwawo” tandasnya.

Sekadar diketahui, dalam Festival ini nantinya Panitia Fastival I La Galigo menyiapkan sebanyak 500 rumah penduduk untuk akomodasi peserta terutama dari peserta luar negeri.

Komentar

News Feed