oleh

Kena OTT KPK, Bupati Subang Resmi Ditetapkan sebagai Tersangka

-News-882 views

BONEPOS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Bupati Subang Imas Aryumningsih sebagai tersangka kasus suap. Penetapan tersangka tersebut pasca operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK di Subang dan Bandung, Jawa Barat pada Selasa 13 Februari hingga Rabu 14 Februari dini hari.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, setelah melalui gelar perkara, KPK menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh Imas, terkait perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang.

BNNK BONE

Dalam kasus ini, selain Imas, KPK turut menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Mereka yakni Kepala Bidang Perizinan PTSP Pemkab Subang berinisial ASP dan dua orang swasta berinisial MTH dan D. Imas bersama dengan D dan ASP diduga menerima suap dari MTH.

Baca juga : Ini Sejumlah Cacat dalam Revisi UU MD3

“KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dan menetapkan empat tersangka. Sebagai pihak yang diduga pemberi MTH swata, sebagai pihak yang diduga menerima IA (selaku) Bupati Subang, D swasta, dan ASP,” ujar Basaria di Gedung KPK Merah Putih, Rabu, 14 Februari 2018.

Dalam kasus ini, MTH sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 (a) atau (b) atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Kemudian sebagai penerima, Imas, D dan ASP disangkakan melanggar Pasal 12 (a) atau (b) atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Fasilitas Baliho dan Sewa Toyota Alphard

Seperti yang diketahui, Imas yang terjaring operasi tangkap tangan oleh KPK di Subang, saat ini berstatus sebagai calon petahana Bupati Subang dalam Pilkada 2018.

Di Pilkada Subeng, Imas berpasangan dengan pensiunan TNI Angkatan Udara, Kolonel (Purn) Sutarno. Keduanya didukung oleh Partai Keadilan Bangsa serta Partai Golkar.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basaria Pandjaitan juga mebeberkan, bahwa Imas Aryumningsih diduga menggunakan uang suap yang Dia terima untuk keperluan dana kampanye di Pilkada Subang.

“Sebagian uang yang diterima diduga juga dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye bupati,” kata Basaria.

Selain uang, Imas juga mendapatkan sejumlah fasilitas terkait pencalonannya, sebagai Bupati Subang, diantaranya alat peraga kampanye berupa baliho serta penyewaan mobil Toyota Alphard untuk digunakan kampanye.

Komentar

News Feed