oleh

NCID Desak Pemerintah Lebih Transparan Bongkar 2 Juta KTP Ganda

mengatakan,

BONEPOS.COM, JAKARTA – Pernyataan Menteri Dalam Negeri, Thjajo Kumolo soal masih adanya 2 juta penduduk Indonesia yang memiliki KTP Ganda, sidik jari sama, foto sama, namun nama dan alamatnya berbeda patut dipertegas.

BNNK BONE

Pasalnya selain menimbulkan keresahan di masyarakat akibat data pribadinya bocor, di momen tahun politik seperti sekarang ini sangat mungkin akan terjadi penyalahgunaan data tersebut untuk kepentingan politik.

Hal tersebut, ditegaskan oleh Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman.

Ia menilai, Kemendagri harus lebih berani dan transparan membuka secara detail dimana penyebaran kasus KTP ganda tersebut.

“Jangan hanya melemparkan isu tanpa sikap tegas menyelesaikan kasus tersebut (KTP Ganda, red) karena identitas ganda sangat merugikan masyarakat dan dikhawatirkan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Ia melanjutkan, salah satu syarat untuk menjadi pemilih adalah menunjukan KTP dalam hal ini jelas sangat sangat rawan terjadinya kecurangan, karena pada kenyataannya dilapangan pemeriksaan hanya sebatas mengecek fisik dari kartu namun tidak nampak terlihat dilakukan pemeriksaan yang ketat seperti pencocokan data.

Jajat berharap, permasalahan pemilih ganda dan data pemilih ganda yang kerap terjadi dalam setiap pemilihan seolah-olah dianggap merupakan hal yang biasa,

Padahal  jelas dapat menjadi alat kecurangan dalam pemilihan akibat data pemilih yang tidak sesuai, dan kunci dari permasalahan ini ada di tangan pemerintah apakah ada niatan untuk menyelesaikan atau tetap membiarkan kejadian ini terus terjadi untuk kepentingan politiknya.

“Pemerintah tidak hanya harus menjamin tidak akan adanya penyalahgunaan
data ganda tersebut, namun langkah konkrit dari pemerintah juga diperlukan karena akibat yang ditimbulkan sangat luas, satu hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam hal ini menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat jika demokrasi dapat berjalan tanpa adanya kecurangan yang ditimbulkan oleh KTP ganda,” pungkasnya.(ran)

Komentar

News Feed