oleh

NCID: SBY Tidak Mau Dibohongi Joko Widodo ?

-News-300 views

BONEPOS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, ada yang menarik dari pernyataan ketua umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat konferensi pers pasca pertemuan dengan ketua umum Gerindra Prabowo Subianto.

Pasalnya, ada ungkapan dari SBY tentang tidak adanya kepercayaan kepada Jokowi saat diajak berkoalisi.

BNNK BONE

“SBY dengan tegas menyatakan dalam kurun waktu hampir satu tahun telah menjajaki kemungkinan kebersamaan dalam pemerintahan Jokowi-JK. Namun salah satu kendalanya adalah tidak adanya kepercayaan yang dibangun oleh keduanya, dalam hal ini jelas SBY seolah menggambarkan jika SBY sebenarnya tidak percaya kepada Jokowi-JK,” tutur Jajat.

Jajat menilai, SBY memang tidak menerangkan secara rinci tentang sebab musababnya yang dimaksud tidak adanya kepercayaan antara dirinya dengan  Jokowi-JK.

Ketidakpecayaan yang dimaksud bisa saja dalam hal pandangan tentang bagaimana mengelola negara mengingat pengalamannya pernah berkuasa 10 tahun. Namun jika alasan batalnya berkoalisi akibat permasalahan bagi-bagi kursi saya kira terlalu dangkal alasan untuk seorang yang berpengalaman seperti beliau ini.

“Koalisi Demokrat-Gerindra meskipun belum dinyatakan secara tegas namun arahnya sudah dipastikan hampir terjadi, sebaliknya ini menunjukan ada pandangan yang sama dan adanya kepercayaan diantara keduanya tentang berbagai permasalahan bangsa saat ini. Jika benar demikian, kritik keras yang kerap dilontarkan Prabowo ke pemerintah bisa jadi itulah yang sebenarnya terjadi, sehingga bisa menjadi corong bagi kedua tokoh tersebut untuk berkoalisi dalam pilpres 2019 yang akan datang,” tutup Jajat.(ran)

Komentar

News Feed