oleh

Diduga Muat Ikan Berformalin, Polisi Amankan Empat Kapal Nelayan

BONEPOS.COM, BONE – Anggota Kepolisian dari Markas Besar (Mabes) Polri melakukan operasi di wilayah pelelangan ikan, Kelurahan Lonrae Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/3/2018) dini hari.

Dalam operasi tersebut, polisi amankan empat buah kapal nelayan yang sedang memuat sekitar 4 ton Ikan yang diduga berformalin. Hal tersebut, dijelaskan oleh salah satu anggota polisi yang ikut dalam operasi, Kompol Yosep.

“Masih dilakukan tes kit atau uji tes formalin terhadap sampel yang diambil, nanti kita tunggu hasilnya bagaimana,” bebernya.

Saat ditanya terkait surat perintah terkait operasi tersebut, Ia berkilah operasi tersebut merupakan perintah. “Kita tidak mungkin turun bila tidak ada perintah,” singkatnya.

Diketahui, keempat kapal yang ditahan masing-masing milik pengusaha bernama H.Tajuddin dan H.Ecang.

Salah satu kerabat pemilik kapal yang sementara ditahan, Muharram (56) protes atas kejadian tersebut.

“Pada saat dilakukan tes terhadap ikan yang dianggap berformalin, tidak satupun nelayan yang ada pada kapal melihat ikan di tes. Mereka (polisi, red) hanya mengambil ikan dan memasukkannya kedalam kantong plastik terus melakukan tes bukan di kapal yang mereka tahan tetapi di kapal yang mereka pakai operasi,” ungkapnya.

Muharram menambahkan sikap polisi menahan kapal kerabatnya tersebut dikhawatirkan akan berefek pada kerugian karena muatan ikan dalam kapal tersebut akan membusuk.

“Ketakutan kami jangan sampai ikan itu nantinya akan busuk. Karena jangankan untuk membongkar, untuk diisi es batu saja dilarang, dan kalau ikan itu busuk bisa-bisa mengalami kerugian ratusan juta,” cetusnya.

Penulis: Iwan

Komentar

News Feed