oleh

Opini: Bonus Demografi dan Teknologi Masa Depan

-Opini-557 views

BONEPOS.COM – Sumber daya manusia sebagai salah satu faktor penggerak utama dalam arus perubahan sangat  berperan penting dalam pembangunan bangsa, dimana Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan salah satunya oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki bangsa itu.

Perlahan teknologi menggantikan tenaga manusia,tak apa kalau itu membuat  pekerja lebih manusiawi,namun bagaimana bila geliat Teknologi juga  telah menggeser tenaga kerja skill rendah dengan mesin,termasuk di dalamnya robot.

BNNK BONE

Dengan teknologi yang semakin super canggih, tenaga kerja ini adalah yang paling rentan untuk diganti. Proses ini berjalan dengan pasti walaupun terlihat lambat. Dalam kehidupan kita sehari-hari, mungkin kita tidak menyadari terjadinya pergeseran peran manusia oleh mesin, sebagaimana yang di prediksikan oleh Elon musk  itu sudah  terjadi, salah satunya Changi Airport Singapura.

Terminal yang resmi di buka pada 31 Oktober 2017 Bandara Changi  yang tak henti-hentinya untuk terus berinovasi sehingga tak heran bila bandara ini telah menyabet penghargaan enam kali berturut-turut.  Bandara changi secara teori, para penumpang dapat tiba di dalam pesawat dan melewati semua prosedur pemeriksaan tanpa berkomunikasi dengan staf bandara. Mulai pada setiap tahapan keberangkatan, mulai dari check-in, penurunan bagasi, imigrasi, hingga boarding. Sementara di terminal yang lain, identitas penumpang diperiksa secara manual oleh petugas bandara dan pihak keamanan.

Teknologi sebagai ancaman?

Elon Musk  Pemikir besar dunia jauh jauh hari telah  memprediksikan masa depan, musk mengatakan bahwa “pekerjaan manusia akan di gantikan oleh robot dan tantangan terbesar manusia di masa depan bagaimana manusia  bisa berguna  di era robot” Betapapun usaha untuk membantahnya dengan segala dimensinya  Realitas sosial manusia berkembang begitu pesat Modernisasi di era digital menghela gerakannya dengan amat cepat, hampir menyentuh segala sendi kehidupan.

Geliat pemikiran yang disokong oleh kemajuan teknologi begitu melesat, merambah pola pikir jutaan manusia di dunia. Dengan itu pula teknologi telah mengubah kebiasaan manusia yang lebih mementingkan waktu dari pada jarak.

Komentar

News Feed