oleh

Personil Polairud Bekerjasama OPP Sinjai Periksa Kelayakan Kapal di Pelabuhan Cappa Ujung

BONEPOS.COM, SINJAI – Personil Sat Polairud Res Sinjai bersama Otoritas Pelaksana Pelabuhan (OPP) Larearea Kabupaten Sinjai melakukan pemeriksaan kesiapan kapal transportasi tradisional di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin 4 Juni 2018.

Sejumlah kapal yang diperiksa merupakan kapal yang kesehariannya melayani penyeberangan Pulau Sembilan Sinjai.

BNNK BONE

Adapun kesiapan kapal yang diperiksa oleh pihak Polairud Res Sinjai bersama Otoritas Pelaksana Pelabuhan (OPP) Larearea Sinjai, diantaranya dokumen resmi kapal, alat keselamatan penumpang di atas kapal, navigasi pelayaran, stabilitas kapal, dan pemuatan baik penumpang maupun barang.

Kasat Polairud Res Sinjai AKP Armin Sukma, yang dihubungi bonepos.com, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjelang diberlakukannya Operasi Ketupat Lipu 2018, dimana tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan laut pada saat arus mudik dan arus balik.

Menurut Ajun Komisaris Polisi, AKP Armin Sukma bahwa setelah pihaknya melakukan pemeriksaan, ia menemukan beberapa kapal yang dianggap kesiapannya belum lengkap, seperti ditemukannya alat keselamatan yang masih kurang, baik jumlah dan standarisasi SNI.

Selain itu, ditemukan kapal tidak memiliki alat navigasi, dan pemuatan yang masih bercampur antara penumpang manusia dengan barang muatan, serta Stabilitas kapal masih diragukan karena kapal dibuat secara tradisional.

“Selanjutnya kepada pemilik kapal dan nahkoda kapal dianjurkan untuk segera melengkapi semua kekurangan tersebut. Dan Alhamdulilah giat berjalan aman, tertib dan lancar,” kata Armin Sukma.

Suparman Warium

Komentar

News Feed