oleh

Pimpin Upacara Hardiknas, Ini Pesan Plt Bupati Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI – Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Ke-110 di Kabupaten Sinjai, yang pusatkan di Halaman Eks Kantor Bupati Sinjai. Rabu, 2 Mei 2018, dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai, Abdul Haris Umar.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), dalam amanatnya menyampaikan bahwa Peringatan Hardiknas tahun 2018 dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi terhadap usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

Andi Fajar menegaskan cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud apabila dibarengi dengan kerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah indonesia.

Begitu halnya dengan peningkatan pembangunan infrastruktur pendidikan dan kebudayaan yang kuat, termasuk peningkatan SDM dan sarana infrastruktur lainnya yang sangat dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat.

“Pada hari pendidikan ini, kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional, karena kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan semakin kuat,” kata A. Fajar saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Lanjut Fajar Yanwar, bahwa Peringatan Hardiknas tahun 2018, mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Tentunya melalui tema ini, kita dapat menjadikan peringatan Hardiknas ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Kihajar Dewantara,” jelas Fajar Yanwar.

Upacara yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita itu berlangsung dengan Hikmat yang ditandai pula dengan pelepasan Pensiunan atau Purna bakti tahun 2018, Penyerahan sertifikat kepada 50 Lembaga PAUD serta penyerahan piala juara umum I pramuka tingkat penggalang dan penyerahan piala bergilir pramuka tingkat penggalang tahun 2018 dan lainnya yang diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Sinjai.

Hal senada disampaikan, Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar usai pelaksanaan Hardiknas, Ia menuturkan di peringatan Hardiknas ini dapat dijadikan refleksi tahunan bagaimana meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan.

Haris, berharap khususnya di tingkat dasar pembentukan karakter di tingkatkan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, karena menurutnya melalui nilai-nilai keimanan ini yang bisa menyelamatkan karakter anak bangsa nanti.

“Selamat Hari Jadi Pendidikan Nasional, semoga kita semua nantinya mampu melihat sejauh mana kelemahan dan sejauh mana upaya kita untuk memperbaiki dan meningkatkan program-program pendidikan agar kedepannya generasi penerus kita bisa menjadi lebih berkualitas,” ujarnya.

Turut hadir, Forkopimda, Sekkab Sinjai, Drs. Akbar Mu’min, Aparatur Sipil Negara, PGRI, Siswa SD, SLTP dan SMA Sederajat Se-Kabupaten Sinjai. (*)

(Suparman Warium)

Komentar

News Feed