oleh

PAN Sulsel Absen di Deklarasi NA, Pengamat: Itu Wajar

-Politik-1.015 views
PAN Sulsel Absen di Deklarasi NA, Pengamat: Itu Wajar
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Amran Sulaiman (NA-ASS). (BONEPOS.COM – ILHAM ISKANDAR).


BONEPOS.COM, MAKASSAR – Elite Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan (Sulsel) memilih untuk absen pada acara deklarasi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Amran Sulaiman (NA-ASS), di Lapangan Karebosi, Makassar, Minggu 22 Oktober 2017.

Absennya para elit partai lambang matahari itu disinyalir untuk mempertegas arah dukungan pengurus partai besutan Amin Rais itu di Pilgub Sulsel yakni mendukung pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

BNNK BONE

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Makassar Arqam Azikin menilai, absennya para elit PAN pada deklarasi NA-ASS merupakan hal yang wajar, karena interaksi politik struktur PAN di Sulsel sudah berlabuh di IYL dan tidak pernah ke NA.

“Wajar bila Pengurus DPW dan DPC PAN se Sulsel tidak hadiri Deklarasi paket NA-ASS. Ini karena interaksi politik struktur PAN di Sulsel sudah lama di IYL dan tidak pernah ke NA,” ungkap Arqam kepada Bonepos.com, Minggu, 22 Oktober 2017.

Bahkan, lanjut Arqam, bahkan dalam proses politik Pilgub Sulsel akan tidak menguntungkan PAN bila masuk bergabung ke NA, sebab komitmen politik menuju pileg 2019 akan rumit didapatkan kader-kader PAN. Justru posisi lebih yakin dirasakan kader PAN se-Sulsel hadapi pemilu Legislatif bila Rekomendasi DPP PAN full ke IYL.

“Polarisasi suara Pileg ini sudah mulai terbaca, karen memang PAN harus lebih cermat tidak hanya ikut-ikutan mendukung Cagub tetapi juga lebih strategis menghitung konstalasi politik suara Pileg 2019 di Sulsel,” ujarnya.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi saat mengahadiri Musda PAN Kabupaten Bone beberapa waktu lalu. (BONEPOS.COM – ILHAM ISKANDAR).

Sementara itu, dilansir tim IYL-Cakka, Sabtu 22 Oktober 2017, Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Achmad Pasiwa menegaskan, bahwa hingga saat ini pihaknya masih komitmen di barisan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

“Saya lihat teman-teman, mulai pengurus, kader serta simpatisan, hati mereka sudah menyatu dengan IYL. Tidak bisa lagi dipisahkan. Apalagi kita juga banyak kesibukan diluar daerah,” kata Achmad.

Dijelaskan Ahmad, kendati sikap partai diakui sulit menyatukan dukungan secara utuh, Namun, bagi PAN se Sulsel, komitmen dan konsistensi partai merupakan hal yang terpenting untuk dipertahankan serta dijaga dengan baik.

“Makanya lebih baik teman-teman memilih mempertahankan komitmen partai dari pada dianggap sebagai pengkhianat. Ini mungkin yang lebih penting sehingga seluruh pengurus PAN yang tersebar di Sulsel menolak hadiri deklarasi NA-SS,” tegasnya.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi saat mengahadiri deklarasi pasangan Cagub-Cawagub Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), beberapa waktu lalu. (BONEPOS.COM – IST).

Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed