oleh

Tokoh Masyarakat Toraja: Hubungan Emosional dengan Pak IYL Sulit Dipisahkan

-Politik-1.162 views
Tokoh Masyarakat Toraja: Hubungan Emosional dengan Pak IYL Sulit Dipisahkan

BONEPOS.COM, RANTEPAO – Mantan Bupati Toraja Utara (Torut) Frederik Batti Sorring ikut mendampingi Kandidat Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) saat menghadiri Rambu Solo di Tondong, Kamis (28/12/2017).

Frederik datang dan langsung berdiri tepat di samping saat Ichsan menyampaikan sambutan sekaligus ucapan belasungkawa ke keluarga yang berduka.

BNNK BONE

Setelah itu, Batti Sorring naik ke Tongkonan menemani IYL sambil sesekali menjelaskan sejumlah prosesi adat yang digelar dirangkaikan Rambu Solo atau upacara kematian warga di Toraja.

Sehari sebelumnya, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan Bupati Toraja Nicodemus Biringkanae juga menyambut dan pamer keakraban dengan IYL yang malam itu datang bersama Andi Mudzakkar (Cakka).

Khusus di dua kegiatan rambu solo yang dihadiri IYL, keluarga yang berduka, yakni
Dr Sumule Tumbo, dan keluarga Yansen Banne, maupun Piter Rede Mellolo sekaligus Kepala Lembang Tondong Matallo, juga memperkenalkan IYL sebagai kandidat gubernur Sulsel.

Keluarga Yansen dan Piter, secara khusus menyebut jika warga Toraja punya hubungan emosional dengan keluarga Yasin Limpo. Sehingga, sulit bagi mereka untuk mengabaikan kebersamaan itu.

“Kami punya hubungan emosional dengan Pak Ichsan. Dan kebersamaan ini akan terus berlanjut,” kata perwakilan keluarga saat menyampaikan sambutan atas kedatangan IYL.

Berdasarkan pantauan, di rambu solo, IYL yang mengenakan kemeja hitam sebagai tanda ikut berduka, juga didaulat memberikan sambutan di depan sejumlah tokoh masyarakat dari rumpun keluarga yang berduka, maupun masyarakat luas.

Saat memberikan sambutan, IYL juga mengakui jika hubungan keluarganya dengan warga Toraja sudah terjalin sejak lama. Itu sebabnya, ia tak asing dengan masyarakat di kabupaten tujuan Pariwisata itu.

Bukan hanya itu, IYL yang di Pilgub Sulsel maju berpasangan dengan Cakka juga berkomitmen untuk meningkatkan perhatian Pemerintah Provensi ke Toraja jika kelak diamanahkan menjadi Gubernur.

Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed