oleh

Didatangi Petugas Coklit, IYL Titip Harapan ini ke Penyelenggara

Didatangi Petugas Coklit,  IYL Titip Harapan ini ke Penyelenggara
Ichsan Yasin Limpo mengisi pencocokan dan penelitian data (coklit)

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kandidat Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) menerima sejumlah petugas dari jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar dan Gowa, Jumat 26 Januari 2018.

IYL yang didampingi istrinya Hj Novita Madonza Amu, mengisi Pencocokan dan Penelitian Data (Coklit) yang dilakukan oleh KPU di kediaman pribadinya di Hertasning, Makassar.

BNNK BONE

Dalam kesempatan itu, petugas dari KPU Makassar dan Gowa, sengaja datang bersamaan untuk mencocokkan data, apakah nantinya IYL dan istri tercatat sebagai pemilih di Makassar atau di Gowa. Mengingat, sejak 10 tahun IYL menjabat sebagai bupati.

Selama Coklit, IYL melayani penuh keramahan, termasuk mengisi data sesuai syarat yang dibebankan ke petugas, sembari berbincang terkait daftar pemilih.

Pasangan Andi Mudzakkar (Cakka) di Pilgub Sulsel ini, memberi apresiasi cara KPU dalam menyusun dan mendata daftar pemilih. Ia menaruh harapan, dengan model seperti ini, permasalahan daftar pemilih bisa diminimalisir.

Sebab, dibeberapa momentum perhelatan politik, seringkali ditemukan ada ketidakakurasian data pemilih. Baik yang ganda, maupun yang tidak punya hak pilih, meski sudah memenuhi persyaratan.

“Kita menaruh harapan, semoga dengan cara seperti ini, daftar pemilih nantinya benar-benar akurat. Dan tentu kita memberikan apresiasi kepada KPU dan jajarannya yang berusaha semaksimal mungkin melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih,” kata IYL saat ditanya mengenai Coklit KPU.

Selain itu, IYL yang sehari sebelumnya berhasil melewati ujian pra-promosi doktor di Unhas, juga menitip pesan agar penyelenggara terus menjaga profesionalisme dan netralitasnya. Sebab kualitas demokrasi, salah satu penentuannya adalah kerja-kerja penyelenggara.

Berdasarkan pantauan, di samping mencocokkan dan meneliti data IYL, petugas juga melakukan coklit ke istri IYL, Hj Novita yang di kesempatan itu setia duduk mendampingi sang pujaan hati

Penulis   : Sudirman
Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed